Ma'ruf Amin: Gerakan Pramuka Dijadikan Wadah Rawat Harmoni persatuan NKRI

Rizky Amin
Rizky Amin
Diperbarui 14 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Antara)
Wapres Ma'ruf Amin. (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin meminta Gerakan Pramuka dijadikan wadah untuk terus merawat harmoni persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Gerakan Pramuka adalah salah satu garda terdepan untuk mengajak segenap elemen bangsa memperkukuh pilar-pilar pembangunan dan mencontohkan bagaimana nilai-nilai Pancasila yang tertanam dalam diri menjelma menjadi kebiasaan di dalam keseharian," ujar Wapres dalam sambutannya pada peringatan Hari Pramuka Ke-63 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2024).

Hal tersebut menjadi salah satu pesan yang disampaikan Wapres kepada para pemimpin dan kader Pramuka yang hadir di acara tersebut. Selain itu, Wapres berpesan wujudkan Gerakan Pramuka yang lebih modern, profesional, dan lincah. "Lakukan perbaikan yang konstruktif, solutif dan memberi manfaat nyata kepada masyarakat demi mewujudkan Gerakan Pramuka sebagai sebuah kekuatan bangsa," ungkapnya.

BACA JUGA: Paskibraka Nasional 2024 untuk HUT RI di IKN Dikukuhkan 13 Agustus

Wapres meminta agar Gerakan Pramuka dijadikan sebagai wadah pengembangan diri bagi generasi penerus bangsa. "Saya berharap Gerakan Pramuka mampu melahirkan generasi yang tetap tangguh, unggul, berdaya saing, dan memiliki karakter kebangsaan yang kuat dalam upaya kita menuju Indonesia Emas 2045," paparnya.

Sedikitnya 12 ribu peserta menghadiri upacara perayaan Hari Pramuka ke-63 di Bumi Perkemahan Cibubur. "Hari ini kita melaksanakan upacara Hari Pramuka ke-63 yang digelar di Bumi Perkemahan Cibubur dengan tema Pramuka berjiwa Pancasila menjaga persatuan-persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ucap Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso.

Upacara juga diselenggarakan secara daring dan dihadiri sekitar 100 ribuan anggota Pramuka se-Indonesia. Menurutnya, penghargaan negara kepada Pramuka sangat besar, karena memiliki andil besar kepada negara, termasuk membangun karakter generasi muda.

"Sampai sekarang di usia ke-63. Nah, sekarang membuktikan bagaimana Pramuka tetap eksis dalam mewujudkan karakter generasi muda," tandasnya.