Megawati Ajak Capres-Cawapres Ziarah Makam Bung Karno

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 3 November 2023 20:25 WIB
Suasana saat ziarah Megawati Soekarnoputri di Makam Bung Karno, Kota Blitar (Foto: Dok MI)
Suasana saat ziarah Megawati Soekarnoputri di Makam Bung Karno, Kota Blitar (Foto: Dok MI)

Blitar, MI - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri yang juga Presiden Republik Indonesia ke-5 menggenakan baju serba merah, bersama pasangan Capres-Cawapres PDI Perjuangan Ganjar-Mahfud ziarah ke Makam Bung Karno di Kota Blitar, Jumat (3/11). 

Bukan hanya Mega, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga menggunakan baju merah saat berziarah ke makam Bung Karno.

Turut mendampingi sejumlah pengurus PDI Perjuangan antara lain Puan Maharani dan Hasto Kristiyanto juga ikut ziarah ke Makam Bung Karno, rombongan tiba di Makam Bung Karno, sekitar pukul 15.00 WIB.

Usai tiba, Megawati sempat mampir kamar mandi sebentar sebelum menunju pusara Makam Bung Karno. Saat tiba di area dalam pusara Megawati langsung duduk disebuah kursi yang berada di sisi barat pusara makam Bung Karno.

Disamping Megawati, ada Puan Maharani yang duduk bersimpuh di sisi barat pusara makam Bung Karno. Sementara itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, duduk di sebelah timur pusara Makam Bung Karno.

Rombongan terlihat khusyuk memanjatkan doa di dekat pusara Makam Bung Karno. Para rombongan pertama membacakan doa tahlil kemudian disambung dengan pembaca doa bersama yang dipimpin oleh salah seorang tokoh.

Setelah selesai Megawati langsung melakukan tabur bunga di atas pusara makam Bung Karno. Megawati pertama melakukan tabur bunga ke pusara makam sang nenek yakni Ida Ayu Nyoman Rai.

Setelah itu Mega melakukan tabur bunga ke Soekemi Sosrodihardjo yang merupakan sang kakek. Baru setelah itu Megawati melanjutkan tabur bunga ke Pusara sang ayah yakni Ir. Soekarno.

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan, ziarah ke Blitar itu merupakan tradisi dan kultur bangsa yang ingin dijaga.

"Ide dan gagasan, cita-cita serta pemikiran dan perjuangan beliau selalu menjadi inspirasi bagi anak-anak bangsa agar lebih mengedepankan dedikasi bagi bangsa dan negara," ujar Hasto. 

Hasto menegaskan, pasangan yang mereka usung bersama PPP, Hanura dan Perindo itu juga meminta restu untuk maju di Pilpres 2024.

"Juga dari seluruh rakyat Indonesia, sehingga dengan tradisi spiritualitas yang dibangun. Ini adalah tradisi baik dan selalu dilakukan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri," ungkap Hasto. 

Usai ziarah ke Makam Bung Karno, pasangan Capres-Cawapres PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo-Mahfud MD lebih dulu meninggalkan Makam Bung Karno, 

Sebelum meninggalkan lokasi, pasangan Ganjar-Mahfud sempat menyapa para relawan dan warga yang sejak siang.
Pasangan Ganjar-Mahfud terlihat menyalami para relawan dan masyarakat di kawasan Makam Bung Karno. 

Bahkan, beberapa relawan terdengar meneriakkan 'PDIP Menang Ganjar Presiden' saat melihat pasangan Ganjar-Mahfud keluar dari area Makam Bung Karno.

Cawapres PDIP, Mahfud MD sempat meminta doa restu kepada masyarakat sebelum meninggalkan kawasan Makam Bung Karno. 

Mahfud meminta masyarakat Kota Blitar mendoakan pasangan Ganjar-Mahfud menang di Pilpres 2024.

"Doakan kami (pasangan Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024,red), kebenaran harus menang," kata Mahfud sambil menyalami warga dari balik jendela mobil.  (JK)