Kebakaran Pabrik Tekstil di Bandung 9 Jam Belum Padam

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 November 2023 21:08 WIB
Ilustrasi kebakaran
Ilustrasi kebakaran
Bandung, MI - Sembilan jam berlalu kobaran api masih membara di kawasan pabrik PT Kasta Timbul yang bergerak di bidang pembintalan benang, di Jalan AH Nasution, Cipadung, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Sejak pukul 10.00 WIB, kebakaran pabrik tekstil dan gudang penyimpanan benang dan kapas di Bandung, belum padam hingga saat ini, Rabu (15/11) pukul 20.00 WIB.

Kasi Ops Diskar PB Pemkot Bandung, Asep Rahmat mengatakan, saat ini tersisa 30 persen titik api yang belum padam. 

"Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan," kata Asep, Rabu (15/11).

Petugas Diskar PB Kota Bandung, lanjut Asep, masih berusaha memadamkan api yang menghanguskan pabrik tekstil dan gudang penyimpanan benang dan kapas. Petugas kesulitan memadamkan api, karena benang dan tumpukan kapas yang cukup tinggi.

Selain itu, pasokan air yang berkurang menjadi salah satu kendala petugas dalam memadamkan api. Setelah hampir 9 jam, petugas pun alami kelelahan dan kekurangan oksigen saat masuk ke titik api.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda kawasan pabrik PT Kasta Timbul yang bergerak di bidang pembintalan benang di Jalan AH Nasution, Cipadung, Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Saat ini, petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar) Kota Bandung, Jawa Barat masih berjibaku melakukan pemadaman. Api masih menyala hingga menimbulkan asap tebal membubung tinggi ke langit.

Diskar PB Kota Bandung menerjunkan 14 unit mobil kebakaran untuk memadamkan api.