28 Pendaki Gunang Marapi Belum Dievakuasi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 4 Desember 2023 01:22 WIB
Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami erupsi sore tadi (Foto: Ist/Net)
Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) mengalami erupsi sore tadi (Foto: Ist/Net)

Bukittinggi, MI - Kepala Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Bambang Surya Putra menyatakan 47 pendaki terdampak saat erupsi Gunung Marapi di Sumatera Barat (Sumbar).

"Terdapat 47 pendaki yang terdampak erupsi Gunung Marapi," ujar Bambang, Minggu (3/12).

Kini proses evakuasi kepada puluhan pendaki telah dilakukan. Hingga malam ini tercatat ada 19 pendaki yang telah berhasil dievakuasi. "Total pendaki Gunung Marapi yang masih belum turun sebanyak 28 orang," ungkapnya.

Adapun data itu diambil dari laporan tim di lapangan per pukul 23.15 WIB. Status Gunung Marapi malam ini masih waspada. Untuk masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pengunjung atau wisatawan tidak diperbolehkan mendaki Gunung Marapi. "Pada radius 3 Km dari kawah atau puncak," tukasnya.

Sementara itu, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatra Barat (Sumbar) menutup sementara jalur pendakian ke Gunung Marapi pasca terjadinya erupsi gunung api aktif tersebut pada Minggu siang pukul 14.53 WIB. 

"Saat ini booking online ditutup dan semua petugas di pintu masuk sedang berusaha untuk menghubungi semua pendaki. Semoga semuanya aman dan selamat," kata Pelaksana Harian Kepala BKSDA Sumbar Eka Dhamayanti di Padang, Minggu (3/12).