Rumah Rusak Imbas Gempa Sukabumi Jadi 301

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 15 Desember 2023 09:52 WIB
Kerusakan dampak gempa di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/12)
Kerusakan dampak gempa di wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (14/12)
Bogor, MI - Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, memperbarui data jumlah bangunan yang terdampak gempa magnitudo (M) 4,6 Sukabumi di wilayah Kabupaten Bogor.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor M. Adam Hamdani mengatakan, hasil kaji cepat sementara, ada 301 rumah warga yang terdampak gempa.

"237 rusak ringan, 32 rusak sedang, 2 rusak berat dan 30 terdampak," kata M. Adam Hamdani dalam keterangannya, Jumat (15/12).

Jumlah itu tersebar, kata dia, tersebar di 5 kecamatan yakni Pamijahan, Leuwiliang, Nanggung, Ciampea dan Tenjolaya. Total, ada 285 KK dengan 955 jiwa terdampak bencana gempa bumi ini.

"Yang mengungsi 3 KK dengan 12 jiwa," ujarnya.

Selain rumah, terdapat 6 fasilitas umum yang terdampak berupa musola. Data ini terus berjalan, mengingat tim dari BBPD Kabupaten Bogor masih berada di lokasi untuk melakukan pendataan.

"Datanya masih berjalan atau dinamis," tandasnya.

Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi dengan magnitudo 4,6 pusat gempa di darat, 25 kilometer Barat Laut, Kabupaten Sukabumi pada Kamis (14/12).

Gempa berada di kedalaman 5 kilometer, dengan guncangan cukup terasa kuat di Pamijahan, Panggarangan, Bayah, Klapanunggal, Cilograng, Bogor, Ciputat, Tangerang, Pelabuhan Ratu.