Tahun Baru yang Spesial: PKM Waara Dinobatkan Juara 1 Inovasi Taman Kota Kategori UPTD Puskemas se-Kabupaten Muna

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 3 Januari 2024 08:02 WIB
Puskesmas Waara mendapat Juara 1 Lomba Inovasi Taman Kota untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKM (Foto: Istimewa)
Puskesmas Waara mendapat Juara 1 Lomba Inovasi Taman Kota untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKM (Foto: Istimewa)

Waara, MI - Puskesmas Waara mendapat Juara 1 Lomba Inovasi Taman Kota untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKM, yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Muna pada Minggu (31/12/2023).

"Alhamdulillah, PKM Waara dapat juara I Lomba Inovasi Taman Kota untuk Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PKM dan menyabet Juara Umum Ketiga, dengan menggagas dan melaksanakan inovasi adanya ruang terbuka hijau," tutur Kepala Puskesmas Waara, drg Cahya Septiani Muuri.

Menurut, drg. Cahya Septiani Muuri, konsep Inovasi Taman yang dibangun merupakan hasil kerja keras Tim yang Tidak mengenal lelah dan selalu Kompak dalam menyiapkan Lomba, Pada dasarnya saya menekankan kepada Tim bahwa bukan Juaranya yang Penting Tetapi Ruang Terbuka Hijau menjadi kewajiban untuk dilestarikan dan di Jaga. 

“Dalam lomba ini kami fokus pada manfaat adanya Taman Kota, dengan penataan bunga yang proporsional, aksesoris yang memadai dan kami harapkan juga dapat memberi manfaat untuk tempat orang rehat sejenak sambil menikmati suasana kota Raha,” ujar drg Cahya.
 
Sementara itu, dari Juri lomba taman, melalui Sekda Muna, Eddy Uga mengatakan, bahwa PKM Waara memenuhi seluruh aspek penilaian diantaranya aspek proses, aspek hasil dan aspek keberlanjutan, sehingga dapat meraih juara 1 kategori UPTD Puskesmas. 

Eddy Uga menambahkan, bahwa aspek keberlanjutan taman harus diperhatikan. Karena kedepan akan menjadi penilaian. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri PU Nomor 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan. Ruang Terbuka Hijau publik adalah yang dimiliki dan dikelola oleh Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum.

Senada yang disampaikan oleh Hidayat Ardi Ponto sebagai Sekretaris DLH bahwa PKM WAARA pantas mendapat juara 1 Krn semua aspek penilaian telah di penuhi walaupun PKM lain jg bagus. Nilai ples (+) yang dimiliki oleh PKM WAARA adalah dapat menghadirkan taman yang beda utamanya dari sisi pemanfaatan taman bagi masyarakat dan keindahan dari sebuah taman dan tentunya keberlanjutanya harus tetap di jaga agar tetap dapat dimanfaatkan bagi masyarakat banyak. 

Selain itu, juri dari lomba inovasi Taman ini terdiri dari Wakil Ketua PKK Kabupaten Muna, Sekda, Asisten 3, Kepala Bagian Ekonomi dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Muna. Lomba diselenggarakan sejak Agustus sampai Desember 2023.

Sebagai penutup, Drg Cahya menyampaikan Dalam perlombaan ini bukan tentang menang atau kalah, tetapi Keberadaan ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan dapat menjadi salah satu sarana dalam membentuk interaksi sosial masyarakat perkotaan, kita disini adalah kebersamaan. 
 

Berita Terkait