Dana Hibah Pembinaan Cabang Olagraga Kota Bekasi Segera Turun

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 Mei 2024 11:24 WIB
Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhammad Saat Menyampaikan Sambutan
Pj. Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhammad Saat Menyampaikan Sambutan

Kota Bekasi, MI – Dana hibah Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Bekasi Tahun Anggaran (TA) 2024 akan segera dikucurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi. Pencairan ini dilakukan menurut Pj Wali Kota Bekasi, R Gani Muhamad, setelah Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih memberikan penjelasan tentang alokasi dana hibah tersebut.

Menurut Gani Muhamad, dana hibah KONI Kota Bekasi 2024 segera dicairkan, karena Kadispora sudah berjanji akan memberikan penjelasan sedetil mungkin kepada Pemerintah. 

“Iya segera kita cairkan, karena hari ini Kadispora akan memberikan penjelasan soal dana hibah KONI,” kata Gani Muhamad saat menghadiri kegiatan sosialisasi antikorupsi di Sky Ballroom Hotel Santika Mega City Bekasi, Rabu (29/5/2024).

Menurutnya, tidak ada sedikit pun niatnya untuk menunda-nunda pencairan dana hibah KONI. Hanya saja, dia berharap semua kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) aman dan selamat dalam menjalankan tugasnya tanpa terindikasi korupsi.

Dia menjelaskan, strategi pemberantasan korupsi di daerah Kota Bekasi sama dengan yang diterapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Untuk itu, dia mengingatkan agar para kepala SKPD menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya demi kemajuan Kota Bekasi.

Menurut Gani, untuk menduduki jabatan Pj Wali Kota Bekasi dia tidak mengeluarkan ongkos politik. Jadi, tidak ada beban politiknya dalam menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024.

“Saya tidak ada ongkos piitik untuk menduduki jabatan Pj ini. Jadi saya tidak ada kepentingan politik apapun dalam Pilkada nanti,” katanya.

Untuk diketahui, sejumlah pengurus cabang olahraga (Cabor) mengaku kecewa karena anggaran pembinaan atlet yang bersumber dari dana hibah KONI Kota Bekasi Tahun Anggaran (TA) 2024 tak kunjung cair.

Kekecewaan ini disampaikan salah seorang pengurus cabor yang enggan disebut jati dirinya kepada wartawan, Selasa (28/5/2024).

Menurutnya, anggaran pembinaan atlet itu seharusnya segera dicairkan untuk pembiayaan pelatih dan para atlet.

Dikatakan, dana hibah ini digunakan untuk mendukung dan memfasilitasi pengembangan olahraga di Kota Bekasi. Apalagi, pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XV Jawa Barat 2026, Kota Bekasi akan menjadi salah satu tuan rumah.

Dengan begitu kata sumber, pengurus cabor bersama KONI Kota Bekasi harus mempersiapkan para atlet dengan matang supaya atlet-atlet bisa berprestasi untuk membawa harum nama Kota Bekasi di tingkat Provinsi Jawa Barat, nasional bahkan internasional.

Menurut salah seorang pengurus Cabor yang enggan disebut namanya, penggunaan dana hibah ini akan dialokasikan untuk kegiatan pelaksanaan program yang selama ini telah disusun.

Dana ini akan digunakan oleh KONI untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan olahraga. Seperti pembiayaan atlet mengikuti kejuaraan provinsi, peralatan olahraga, penyelenggaraan turnamen, dan program-program pengembangan bakat lainnya. (ADV)