Peran Maman dan Kemal Melayani Jemaah Haji Maluku Utara, Bentuk Pengabdian Terhadap Umat

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Mei 2024 12:50 WIB
Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Malut Fudhail Rahman Kamarudin (kanan kaos hitam) dan Koordinator Angkutan Sahara Kemal Kambey (kiri) (Foto: MI/RD)
Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Malut Fudhail Rahman Kamarudin (kanan kaos hitam) dan Koordinator Angkutan Sahara Kemal Kambey (kiri) (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Maluku Utara (Malut) yang bertugas untuk memberikan Pembinaan, Pelayanan, dan Perlindungan kepada Jemaah Haji sebelum berangkat atau pulang dari tanah suci.

Tidak luput dari pantauan, pelayanan terhadap Jemaah Haji oleh Panitia Haji Daerah secara kolektif, baik pelayanan dari Kabupaten Kota maupun pelayanan di Asrama Haji Ternate dan di Asrama Haji Sudiang Makassar sudah sangat maksimal.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Dishub Malut, Fudhail Rahman Kamarudin yang tergabung dalam kepanitian, khususnya di Seksi Transportasi dan Angkutan Barang ini, bertugas mengkoordinir penjemputan dan pengantaran jemaah dari pelabuhan hingga ke Asrama, serta ke Bandara.

Tidak hanya itu, pihaknya juga melayani pengantaran dari Asrama Haji Ternate ke Bandara Sultan Baabulllah. Setelah itu, dia juga mengkoordinir penjemputan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar kemudian diantar sampai ke Asrama Haji Sudiang.

“Alhamdulillah, Jemaah Haji dari Maluku Utara semuanya sudah meninggalkan tanah air," kata Maman sapaan karibnya, kepada Monitorindonesia.com, di Sofifi, Jumat (31/5/2024).

:Dalam pelayanan transportasi ini, saya bersama tim telah mengerahkan semua kemampuan kami. Karena, ini bentuk dari pengabdian kepada masyarakat atau kepada umat muslim yang sedang menunaikan Ibadah Haji,” sambungnya.

Selain itu, dia merasa puas dalam pelayanan Jemaah Haji tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya, karena telah mendapat dukungan dari pihak Kepolisian, Satpol PP, dan juga khususnya kepada semua pihak yang tergabung didalam PPIHD.

“Kerja-kerja ini bukan hanya kita sendirian, tetapi dibantu oleh semua orang yang tergabung didalam Panitia Haji Daerah,” jelasnya.

Terpisah, Koordinator Angkutan Sahara Kemal Kambey terlihat dengan timnya, juga cukup sigap dalam penanganan Sahara milik jemaah. Dia mengakui sekitar seribu lebih Sahara atau Kopor ini ditangani dengan baik, sehingga tidak ada yang lecet.

“Kami menangani Sahara mulai dari Pelabuhan sampai ke Asrama Haji Ternate hingga ke pemuatan di Pesawat berjalan lancar. Dan tidak ada Sahara yang rusak,” terang Kemal saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (31/5/2024).

Dia juga menyampaikan terima kasih kepada timnya, yang sudah bekerja maksimal dalam pelayanan Sahara, baik di Ternate maupun di Makassar. 

Sehingga diharapkan, walaupun pelayanan Panitia sangat baik di tahun ini, maka kedepannya juga harus lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

“Pelayanan Jemaah Haji di tahun ini dan sebelumnya juga sudah sangat maksimal. Insya Allah di tahun-tahun berikutnya, pelayanan seperti ini lebih ditingkatkan. Karena, yang kita layani ini adalah para tamu Allah,” pungkasnya. (RD)