Bupati Mojokerto Ajak Masyarakat Gemar Mengkonsumsi Ikan

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Juni 2024 14:10 WIB
Bupati Ikfina mengunjungi salah satu kelompok lomba menu masak ikan (Foto: Istimewa)
Bupati Ikfina mengunjungi salah satu kelompok lomba menu masak ikan (Foto: Istimewa)

Mojokerto, MI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Pangan dan Perikanan (Dispari) menggelar lomba cipta menu masak ikan tingkat Kabupaten Mojokerto, di Pendopo Graha Maja Tama, Rabu (29/5/2024).

Kegiatan lomba cipta menu masak ikan ini diikuti 18 TP PKK desa yang mewakili setiap Kecamatan se- Kabupaten Mojokerto, denga tujuan untuk   meningkatkan kesadaran baik individu maupun kolektif masyarakat untuk lebih gemar mengkonsumsi ikan.

Lomba cipta menu masak ikan yang mengusung tema 'Menjadikan tubuh sehat, kuat, dan cerdas' juga diharapkan dapat memberikan nilai tambah terhadap cara mengolah ikan yang baik, sehingga dapat meningkatkan secara signifikan terhadap konsumsi ikan di tengah masyarakat.
 
Sementara itu, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati mengatakan, dilaksanakannya lomba cipta menu masak ikan, dinilai dapat menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan konsumsi komoditi ikan di tengah masyarakat.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menilai agar berbagai kreasi olahan masakan yang telah dibuat juga dapat diterima dan disukai oleh masyarakat.

"Anda sudah memformulasikan dalam bentuk-bentuk yang beraneka ragam, jadi intinya harus dimakan dan yang makan itu harus bahagia dan senang," kata Bupati Ikfina.

Lebih lanjut, Bupati Ikfina juga mengajak para orang tua untuk memberikan olahan masakan dari berbagai jenis ikan kepada anak, hal tersebut dinilai, karena perikanan Indonesia adalah yang terbesar di dunia, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. 

"Sehingga juga dapat meningkatkan pengetahuan jenis-jenis ikan dan meningkatkan kosakata terhadap anak,"terangnya.

"Supaya anak- anak bisa membedakan ketika makan ikan teri, bedanya dengan ikan wader, ikan patin. Bedanya ikan lele dengan ikan mas, jadi anak-anak bisa membedakan," tambahnya.

Di akhir sambutannya Bupati Ikfina mengucapkan terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berkreasi menghasilkan berbagai menu masakan olahan ikan, sehingga harapannya tingkat konsumsi ikan di Bumi Majapahit semakin baik.

"Semoga ini betul-betul membawa kemanfaatan untuk kita semuanya, dan pesan saya yang terkahir adalah menu yang anda kreasikan ini harus menjadi menu favorit yang bisa meningkatkan konsumsi ikan," pesannya.

Untuk diketahui, dalam pelaksanaan lomba cipta menu masak ikan. Juara pertama diraih oleh Desa Warugunung, kecamatan Pacet, juara kedua diraih oleh Desa Gedeg, kecamatan Gedeg, dan juara tiga diraih  Desa Kebondalem, Kecamatan Mojosari.

Kegiatan lomba ini juga turut dihadiri, Kepala Dispari Kabupaten Mojokerto M. Riduwan, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto, Shofiya Hanak Al Barra, dan seluruh ketua TP Kecamatan se-Kabupaten Mojokerto. (Adv/Pra)