Hasil Monitoring, 2 RSUD Tipe D di Kota Bekasi Layak Menjadi RSUD Tipe C

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 8 Juni 2024 09:55 WIB
Pj Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad Sedang Monitoring ke RSUD Tipe-D Jatisampurna [Foto: Doc. Humas Pemkot Bekasi]
Pj Wali Kota Bekasi, R. Gani Muhamad Sedang Monitoring ke RSUD Tipe-D Jatisampurna [Foto: Doc. Humas Pemkot Bekasi]

Kota Bekasi, MI - Penjabat (Pj) Wali Kota Bekasi, R Gani Muhamad, monitoring di 3  RSUD Tipe D, Jumat (7/6/2024), yakni RSUD Kecamatan Pondokgede, Jatisampurna, Kecamatan Pondok Melati, dan Kecamatan Bantargebang. Monitoring dilakukan untuk memastikan sistem berjalan dengan baik. 

Didampingi Kepala Dinas Kesehatan, Tanti Rohilawati, Camat dan Lurah di wilayah RSUD Tipe-D tersebut, Gani Muhamad ingin melihat langsung kelengkapan sarana prasaran penunjang di masing-masing layanan kesehatan itu. 

Gani juga ingin memastikan, sudah sejauh mana kesiapan RSUD Tipe D Kecamatan Pondokgede, menjadi menuju ajreditasi RSUD Tipe C. 

Hasil monitoring, Gani Muhamad menyebut, pelayanan yang diberikan ketiga RSUD Tipe D tersebut sudah berjalan dengan baik, sehingga status/akreditasinya layak menjadi Tipe-C. 

Kendati demikian, petugas RS dan para medis harus terus bersinergi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

"Sejauh pemantauan saya hari ini, pelayanan kepada masyarakat berjalan teratur dan terkendali. Terlihat masyarakat pun cukup puas dengan pelayanan yang diberikan, yang terpenting adalah pastikan semua berjalan sesuai dengan standar operasional yang berlaku, ini menyangkut kondisi kesehatan pasien, jadi musti sangat teliti dan terus berikan pengobatan yang maksimal," kata Gani.

Memperhatikan sarana prasarana pendukung di RSUD TP-D tersebut, kata Gani Muhamad, memang belum selengkap RSUDCAM Utama milik Pemerintah Kota Bekasi. Namun dengan kelengkapan fasilitas yang dimiliki RSUD Tipe-D tersebut, merupakan prestasi yang patut dibanggakan. 

Dengan fasilitas yang ada saat ini, pelayanan kesehatan masyarakat akan dapat terlayani, yang disesuaikan dengan kondisinya atau Tipe RSUD tersebut. 

Gani Muhamad menambahkan, kesiapan sebuah RSUD ajreditasi Tipe D menjadi akreditasi Tipe C harus dipastikan secara menyeluruh. Unsur SDM, ketersediaan fasilitas, dan sarana pendukung lainnya. 

"Semoga dengan meningkatnya akreditasi tersebut menjadi motivasi buat crew (Personil) untuk memberi pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang membutuhkan," kata Gani. (ADV/ART)