450 Jamaah Haji Kloter 13 Tiba di Maluku Utara, Disambut Meriah Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 4 Juli 2024 16:43 WIB
Pj Gubernur Maluku Utara Samsuddin A. Kadir (nomor dua dari kiri) menyerahkan tanggungjawab jamaah haji dari panitia provinsi ke panitia kabupaten kota (Foto: Ist)
Pj Gubernur Maluku Utara Samsuddin A. Kadir (nomor dua dari kiri) menyerahkan tanggungjawab jamaah haji dari panitia provinsi ke panitia kabupaten kota (Foto: Ist)

Ternate, MI - Sebanyak 450 orang jamaah haji Kloter 13 Maluku Utara resmi tiba di Aula Asrama Haji Ngade, Ternate, dan diterima oleh Penjabat (Pj) Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, pada Kamis pagi, (4/7/2024). Penyambutan ini diwarnai dengan rasa syukur, dan haru atas kembalinya para jamaah dari tanah suci dengan selamat.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir mengucapkan selamat datang dan menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT, karena seluruh jamaah haji kloter 13 telah kembali ke tanah air dengan selamat. Ia mendoakan agar para jamaah selalu dalam keadaan sehat wal afiat.

"Syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT karena pada hari ini kloter 13 telah tiba di Maluku Utara dengan selamat," ujar Samsuddin, Kamis (4/7/2024).

Pj Gubernur juga menekankan bahwa perjalanan haji bukanlah perjalanan biasa, melainkan sebuah ibadah yang merupakan undangan langsung dari Allah SWT. Ia berpesan agar para jamaah tetap menjaga ukhuwah meskipun perjalanan haji telah usai.

“Perjalanan haji adalah perjalanan suci dan merupakan undangan langsung dari Allah SWT. Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk menjalankannya, meskipun mereka mampu secara finansial atau dalam keadaan sehat. Oleh karena itu, kita harus selalu bersyukur dan menjaga ukhuwah,” katanya.

Selain itu, Pj Gubernur menyampaikan belasungkawa kepada tiga jamaah haji Maluku Utara yang meninggal dunia selama musim haji tahun ini, serta mendoakan kesembuhan bagi beberapa jamaah yang masih dirawat akibat gangguan kesehatan.

“Saya menyampaikan turut berduka cita atas tiga jamaah haji yang meninggal dalam musim haji tahun ini. Saya juga meminta kepada semua pihak untuk mendoakan beberapa jamaah yang masih menjalani perawatan. Semoga mereka cepat diberikan kesembuhan dan kembali berkumpul dengan keluarga tercinta,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Acara dan Publikasi PPIHD Maluku Utara, Rahwan K Suamba, menambahkan bahwa penerbangan pertama jamaah haji Kloter 13 tiba dengan pesawat Lion Air JT 3874 pada pukul 08.00 WIT, disusul penerbangan kedua dengan Lion Air JT 3876 pada pukul 12.05 WIT, dan penerbangan ketiga dengan Lion Air JT 3872 pada pukul 12.30 WIT.

“Tadi pagi Pj Gubernur menerima jamaah haji yang datang dengan penerbangan pertama dan kedua kloter 13, sementara penerbangan ketiga diterima langsung oleh Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Amar Manaf,” jelas Rahwan.

Selain itu, dijelaskan bahwa pada hari Sabtu, 6 Juli nanti, kloter 15 yang merupakan kloter terakhir jamaah haji Maluku Utara pada musim haji tahun 2024 akan tiba.

Prosesi penyerahan jamaah haji ini juga dihadiri oleh Walikota Ternate Dr. Tauhid Soleman, didampingi Kabag Tata Usaha Kementerian Agama Wilayah Provinsi Maluku Utara Ridwan Khari, serta sejumlah petugas haji daerah dari kabupaten dan kota. Jamaah Haji Kloter 13 yang terdiri dari jamaah asal Kabupaten Halmahera Selatan dan Kota Ternate langsung diserahterimakan kepada pemerintah setempat. (RD)