Tampang Bulang, Otak Pembunuhan Wartawan di Karo

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 Juli 2024 10:51 WIB
Bebas Ginting alias Bulang, tersangka yang memerintahkan pembakaran rumah wartawan Tribrata TV, Riko Sempurna Pasaribu [Foto: Instagram/@PoldaSumateraUtara]
Bebas Ginting alias Bulang, tersangka yang memerintahkan pembakaran rumah wartawan Tribrata TV, Riko Sempurna Pasaribu [Foto: Instagram/@PoldaSumateraUtara]

Karo, MI - Polisi merilis wajah Bebas Ginting alias Bulang, tersangka yang memerintahkan pembakaran rumah wartawan Tribrata TV, Riko Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Kamis (27/6/2024).

Bulang merupakan tersangka ketiga yang ditangkap polisi, pasca-kejadian yang menewaskan Sempurna Pasaribu dan tiga anggota keluarganya. Bulang dikenal sebagai mantan Ketua DPD Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sumut.

"Inilah Wajah Tersangka yang Memerintahkan 2 Eksekutor Bakar Rumah Sempurna Pasaribu," tulis unggahan di akun Instagram @PoldaSumateraUtara, dikutip Jumat (12/7/2024).

Dalam unggahan itu, disebutkan bahwa Kabid Humas Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, pelaku Bebas Ginting alias merupakan warga Jalan Veteran Gang Sempakata Ujung, Kelurahan Kampung Dalam, Kabanjahe, Tanah Karo.

Pelaku ketiga berinisial B, kata Kombes Pol Hadi Wahyudi, ditetapkan sebagai tersangka setelah serangkaian penyidikan 28 saksi, dan juga analisa forensik terhadap pola komunikasi antara Bulang dan tersangka YST.

Hadi Wahyudi menjelaskan, pelaku memerintahkan kedua pelaku untuk membakar rumah korban.

"Tersangka B memberikan uang Rp 130 ribu kepada tersangka RAS untuk dibelikan minyak Pertalite dan Solar yang dicampur dan digunakan membakar rumah korban," kata Hadi.

Polisi masih belum menentukan motif para pelaku melakukan Aksi pembakaran ini, yang terekam sangat jelas dari CCTV di sekitar rumah korban Sempurna Pasaribu.

"Penyidik memiliki keyakinan dan berdasarkan alat bukti yang cukup untuk menetapkan B alias Bulang sebagai tersangka," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, rumah seorang wartawan bernama Riko Sempurna Pasaribu di Jalan Nabung Surbakti, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatra Utara, terbakar pada Kamis (27/6/2024). 

Sempurna Pasaribu dan tiga anggota keluarganya, yakni sang istri, satu anak dan seroang cucunya tewas dalam kebakaran tersebut.