Tingkatkan Literasi, Maluku Utara Gelar Pelatihan Menulis tentang Kearifan Lokal

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 12 Juli 2024 19:28 WIB
Dalam rangka membudayakan kegemaran membaca dan literasi masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara mengadakan sosialisasi dan pelatihan menulis tentang kearifan lokal.
Dalam rangka membudayakan kegemaran membaca dan literasi masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara mengadakan sosialisasi dan pelatihan menulis tentang kearifan lokal.

Ternate, MI – Dalam rangka membudayakan kegemaran membaca dan literasi masyarakat, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara mengadakan sosialisasi dan pelatihan menulis tentang kearifan lokal. 

Acara tersebut berlangsung di Ballroom Waterboom Ternate pada 11 Juli 2024 dan dibuka oleh Plh. Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Kadri La Etje, yang mewakili Pj. Gubernur Maluku Utara.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Pokja I TP PKK Provinsi Maluku Utara, Hj. Masni Bsa, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Mulyadi Tutupoho, para kepala dinas kearsipan dan perpustakaan kabupaten/kota se-Provinsi Maluku Utara, Duta Baca Indonesia Gol A. Gong, para narasumber, serta undangan lainnya. Peserta kegiatan ini terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan pegiat literasi di Maluku Utara.

Dalam sambutannya, Kadri La Etje mengapresiasi inisiatif Duta Baca Indonesia dan kolaborasi antara Perpustakaan Nasional RI dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Maluku Utara. "Kegiatan seperti ini memberikan dampak positif bagi generasi muda, mendorong mereka mencintai buku dan menghargai nilai-nilai lokal," ujarnya.

Kadri juga menekankan pentingnya kegiatan ini dalam menumbuhkan minat baca dan menulis di kalangan masyarakat. "Membaca membuka wawasan dan pengetahuan serta menjaga kesehatan mental. Menulis, selain menuangkan ide dan gagasan, juga dapat mendokumentasikan kearifan lokal yang menjadi bagian dari identitas budaya kita," tambahnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Mulyadi Tutupoho, menyampaikan bahwa program ini merupakan bagian dari kegiatan Indonesia Membaca yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional RI dengan tema "Membaca itu Sehat, Menulis itu Hebat". Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di 19 provinsi dengan 20 titik pelaksanaan, dan Maluku Utara mendapat dua kali kesempatan.

Pada Agustus mendatang, kegiatan serupa akan digelar di Sofifi, ibu kota provinsi, pada 15 Agustus 2024. Mulyadi berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan para peserta dapat mengikuti talkshow yang dipandu langsung oleh Duta Baca Indonesia.

"Semoga kegiatan ini memberikan ilmu dan keterampilan yang bermanfaat, menghasilkan karya tulis yang berkualitas, dan menjadi inspirasi bagi masyarakat luas," tutupnya. (RD)