Gubernur Malut Dukung, Tapi Dana Kosong, POPDA ke-11 Diujung Tanduk

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 17 Juli 2024 7 jam yang lalu
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Utara, Saifudin Djuba (Foto: MI/RD)
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Utara, Saifudin Djuba (Foto: MI/RD)

Sofifi, MI - Menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke-11 tingkat Provinsi Maluku Utara (Malut), meski mengalami kendala anggaran belum juga mematahkan semangat persiapan. Hingga kini, dana dari Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) belum cair, namun antusiasme dan kesiapan panitia terus digenjot.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Maluku Utara, Saifudin Djuba, mengungkapkan kepada wartawan di kantor gubernur Malut, Sofifi, Rabu (17/7/2024), bahwa meskipun dana belum turun, koordinasi dengan BPKAD telah dilakukan. 

"Kami sudah mengajukan proses permintaan dana, dan mudah-mudahan segera cair dalam waktu singkat," ujarnya penuh harap.

Ajang dua tahunan ini akan diikuti oleh sekitar 1.160 kontingen dari 10 kabupaten/kota. Kemeriahan POPDA ke-11 akan dimulai pada tanggal 21 Juli, dengan acara pembukaan yang megah di halaman kantor gubernur pada tanggal 22 Juli. 

"Semua sudah siap, dari kedatangan kontingen hingga pertandingan yang akan berlangsung sampai tanggal 27 Juli," jelas Saifudin.

Para peserta akan bertanding dalam tujuh cabang olahraga: karate, pencak silat, sepak bola, tinju, voli, basket, dan atletik. Berbagai venue di Sofifi telah disiapkan, mulai dari aula nuku kantor gubernur untuk pencak silat hingga taman Sultan Tidore untuk tinju. 

"Setiap venue sudah kami survei dan siapkan dengan baik," tambahnya.

Menurutnya, Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, memberikan dukungan penuh dan mendorong seluruh pimpinan SKPD untuk berpartisipasi aktif. Untuk memastikan kenyamanan para kontingen, penginapan di Sofifi telah disiapkan, termasuk homestay atau rumah penduduk yang layak huni jika kamar hotel dan penginapan tidak mencukupi.

"Kami pastikan persiapan sudah hampir 100 persen, tinggal pelaksanaan saja," kata Saifudin, menutup pembicaraan dengan penuh optimisme.

Dengan segala persiapan yang matang dan dukungan penuh dari berbagai pihak, POPDA ke-11 di Sofifi diharapkan dapat berjalan sukses dan membawa semangat olahraga yang tinggi bagi para pelajar di Maluku Utara. (RD)