Pentingnya Pengawasan Kearsipan, Pemprov Malut Teguhkan Komitmen Bangsa

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 18 Juli 2024 3 jam yang lalu
Plh Sekda Malut, Kadri La Etje foto bersama dengan peserta kegiatan Wirkshop Pengawasan Kearsipan Daerah Tahun 2024, di Hotel Batik Ternate, Kamis (18/7/2024) (Foto: Biro Adpim)
Plh Sekda Malut, Kadri La Etje foto bersama dengan peserta kegiatan Wirkshop Pengawasan Kearsipan Daerah Tahun 2024, di Hotel Batik Ternate, Kamis (18/7/2024) (Foto: Biro Adpim)

Ternate, MI - Pada hari ini Kamis, 18 Juli 2024, Kadri La Etje, Plh Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Utara (Malut), memimpin pembukaan workshop pengawasan kearsipan daerah tahun 2024 di Hotel Batik, yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Maluku Utara. 

Acara ini bertujuan utama untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kearsipan, khususnya di lingkungan Lembaga Kearsipan Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah.

Dalam sambutannya, Plh Sekda menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi yang penting antara Arsip Nasional Republik Indonesia dengan Lembaga Kearsipan Daerah Provinsi Maluku Utara:

"Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendorong peningkatan mutu penyelenggaraan kearsipan di daerah, sebagai langkah konkret berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2023." ujar Kadri La Etje.

Beliau juga menekankan signifikansi pengawasan kearsipan dalam konteks kebangsaan.

“Pengawasan kearsipan bertujuan untuk memastikan ketersediaan arsip yang bermanfaat, mendukung akuntabilitas kinerja organisasi dan pada akhirnya melestarikan memori kolektif bangsa,” tambah Kadri La Etje.

Muliadi Tutupoho, Kadis Kearsipan Maluku Utara, dalam laporannya menyoroti pencapaian dan harapan untuk masa depan. “Kegiatan workshop ini merupakan hasil dari kerja sama yang erat untuk membangun dan memantau kearsipan secara berkelanjutan. Peningkatan hasil pengawasan dari nasional terhadap pemerintah provinsi Maluku Utara menunjukkan kemajuan yang membanggakan,” ungkap Muliadi Tutupoho.

Workshop ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Direktur Kearsipan Arsip Nasional RI, Drs. Hilman Rosmana, Karo Adpim Malut Rahwan K. Suamba, serta perwakilan dari berbagai OPD seperti Kadis Sosial Zen Kasim, Kadis Pariwisata Tahmid Wahb, dan Lembaga Kearsipan Daerah Kabupaten/Kota di Maluku Utara. Acara ini juga diharapkan dapat memperkuat kerja sama lintas sektor dalam menjaga arsip sebagai salah satu aset berharga bangsa Indonesia. (RD)