Pemprov Malut Sambut Baik Kehadiran KSM 01, Dukung Sistem Logistik Efisien

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 18 Juli 2024 3 jam yang lalu
Staf Ahli Gubernur Malut Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad memotong pita sebagai tanda diresmikannya Kapal Semarak Malut 01 (Foto: Biro Adpim)
Staf Ahli Gubernur Malut Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Nurlela Muhammad memotong pita sebagai tanda diresmikannya Kapal Semarak Malut 01 (Foto: Biro Adpim)

Ternate, MI - Nurelela Muhammad,, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, mewakili Pj. Gubernur, menghadiri peresmian Kapal Semarak Malut (KSM) 01 yang memiliki kapasitas muatan sebesar 5000 ton. Acara peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng yang berlangsung di Pelabuhan Ahmad Yani pada Kamis (18/7/2024).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Walikota Ternate, Tauhid Soleman, Komisaris Perusahaan, Direktur Utama PT. Semarak Perkasa Lestari, Kepala Kantor Kesyahbandaran, Kepala Kantor Bea Cukai Ternate, Kepala Balai Karantina Ternate, GM PT. Pelindo, para pimpinan bank, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Nurelela Muhammad menyampaikan pesan dari Pj. Gubernur tentang pentingnya potensi maritim Indonesia. "Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia memiliki sebaran 17.506 pulau yang tersebar sepanjang khatulistiwa, sering disebut sebagai wilayah Nusantara. Luas wilayah NKRI meliputi daratan dan perairan sekitar 8.300.000 km persegi," ujar Nurelela.

Nurelela juga menekankan pentingnya ekonomi maritim yang mencakup berbagai sektor seperti transportasi laut, distribusi barang melalui jalur laut, industri galangan kapal, pembangunan pelabuhan, dan industri terkait. Maluku Utara sendiri, dengan luas lautan 113.796,53 km2 atau 69,08 persen dari total luas wilayahnya, memiliki potensi ekonomi maritim yang sangat besar.

"Dukungan besar dari Pemerintah Provinsi Maluku Utara dalam mendorong pertumbuhan dan pengelolaan berkelanjutan potensi maritim, seperti penggunaan teknologi modern, pengembangan infrastruktur, dan pengelolaan sumber daya kelautan yang berkelanjutan, terbukti efektif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir," tambah Nurelela.

Nurelela berharap dengan beroperasinya Kapal Semarak Malut 01, dapat mendukung akselerasi ekonomi Maluku Utara melalui potensi kemaritiman. 

"Saya berharap kapal ini siap melayani kebutuhan masyarakat Maluku Utara dengan muatan kargo beragam dan menjadi tonggak awal dalam pelayanan logistik dan distribusi bahan pokok yang bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

Dirut PT. Semarak Perkasa Lestari, Raimon Tamsil, juga menyampaikan harapannya agar kapal ini membawa berkah bagi Maluku Utara dan berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Daerah. Raimon berharap di masa depan Kapal Semarak Malut 02 juga dapat hadir untuk memberikan pelayanan logistik yang lebih baik di Provinsi Maluku Utara. (RD)