Saka SAR Gerakan Pramuka Kunker ke BPBD Kota Bekasi

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 10 Agustus 2024 3 jam yang lalu
Kunjungan Saka SAR Gerakan Pramuka ke BPBD (Foto: MI/Dok BPBD)
Kunjungan Saka SAR Gerakan Pramuka ke BPBD (Foto: MI/Dok BPBD)

Kota Bekasi, MI - Upaya meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam penanggulangan bencana, Satuan Karya (Saka) SAR Gerakan Pramuka Kota Bekasi bersama dengan Kepala Unit Pos Siaga SAR Bekasi, mengadakan kunjungan kerja ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, beberapa waktu lalu. 

Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi antara Saka SAR dan BPBD, khususnya dalam hal kesiapsiagaan dan penanganan bencana.
Kehadiran Saka SAR Gerakan Pramuka diterima dan disambut baik oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Bekasi, Priadi Santoso. 

Menurut Priadi, peran serta generasi muda sangat penting khususnya anggota Pramuka untuk membantu BPBD menghadapi berbagai jenis bencana, sehingga mereka pun harus terlatih.

Selama kunjungan, anggota Saka SAR Gerakan Pramuka berdiskusi mengenai berbagai program dan kegiatan BPBD dalam penanggulangan bencana. 

BACA JUGA: Mencegah Penyakit DBD, BPBD Kota Bekasi Lakukan Fogging

Kunjungan ini menurut dua belah pihak diharapkan menjadi langkah awal dari kerja sama yang lebih intensif antara BPBD dan Saka SAR Gerakan Pramuka dalam penanggulangan bencana. 

Kedua belah pihak berkomitmen untuk terus menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik guna meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana di wilayah Kota Bekasi.

"Semakin sering dilakukan pertemuan dan diskusi membahas penanggulangan bencana, hasilnya pasti memuaskan," kata Priadi Santoso.

Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan sinergi antara BPBD dan Saka SAR Gerakan Pramuka dapat semakin kuat, sehingga aduan bencana oleh masyarakat dapat lebih cepat tertangani, sehingga dapat lebih mengisolasi dampak bencana.  (MA/Adv)