Insiden Pemukulan Antar Pembalap Warnai MotoGP Qatar

Rendy Bimantara
Rendy Bimantara
Diperbarui 19 November 2023 11:09 WIB
Aleix Espargaro memukul kepala Franco Morbidelli dalam sesi FP2 MotoGP Qatar 2023 (Foto: Dorna Sport)
Aleix Espargaro memukul kepala Franco Morbidelli dalam sesi FP2 MotoGP Qatar 2023 (Foto: Dorna Sport)

Jakarta, MI – Terjadi insiden pemukulan sesama pembalap MotoGp pada hari Sabtu (19/11), Aleix Espargaro tidak bisa mengontrol emosinya dan memukul kepala Franco Morbidelli pada sesi latihan bebas kedua (FP2). Namun  Ia telah menerima hukuman denda dan dan hukuman turun posisi start.

Selama sesi latihan bebas, Aleix Espargaro dan Morbidelli bersentuhan satu sama lain beberapa kali. Setelah bersenggolan lagi, Aleix sempat menggeleng-gelengkan kepaanya.

Morbidelli dan Aleix lalu terlibat dalam pembicaraan saat motor mereka masih melaju. Tak terima dengan itu, Aleix lalu memukul kepala Morbidelli dan kemudian berlalu pergi.

Aksi Aleix Espargaro itu langsung berbuah hukuman dari FIM Stewards. Aleix Espargaro dikenai denda dan hukuman turun enam posisi dalam start balapan MotoGP Qatar, Minggu (19/11).

"Pada Latihan bebas kedua, dirimu dinilai melakukan tindakan yang agresif termasuk melakukan aksi fisik berupa pukulan ke pembalap nomor 21."

"Hal ini berlawanan dengan pasal 3.3.2.2 regulasi FIM Grand Prix World Championships. Atas alasan itu, FIM MotoGP Stewards memutuskan menjatuhkan denda 10 ribu euro dan hukuman penalti turun enam posisi di balapan MotoGP Qatar," tulis FIM Stewards dalam pernyataan resmi mereka.

Aleix Espargaro akan start dari posisi 16 karena hukuman tersebut. Ironisnya, hal itu membuatnya berada di barisan yang sama dengan Morbidelli yang start dari posisi 18.(Ran)