Legislator Minta Pemerintah Prioritaskan Pembiayaan Pendidikan Daerah 3T

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Mei 2024 20:28 WIB
Anggota Komisi X DPR RI, Anita Jacoba Gah (Foto: Ist)
Anggota Komisi X DPR RI, Anita Jacoba Gah (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah, meminta agar Panja Pembiayaan Pendidikan dapat menekankan Pemerintah untuk memprioritaskan pembiayaan pendidikan di wilayah daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T).

Hal ini dikarenakan daerah 3T perlu perhatian lebih, terutama untuk memenuhi sarana dan prasarana pendidikannya.

“Saya juga mohon nanti pada prioritas pembiayaan pendidikan ini, nanti kita akan tekankan juga untuk prioritas pembiayaan pendidikan ini di daerah 3T dengan di daerah lain ini harus berbeda,” kata Anita kepada wartawan, Kamis (23/5/2024).

Menurutnya, selama ini dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masih dipukul rata oleh pemerintah, padahal pembiayaan pendidikan di daerah 3T sangat berbeda dan harus menjadi perhatian khusus.

Lebih lanjut, ia mengaku kerap mendapat sejumlah aspirasi dari guru-guru sekolah negeri di daerah terpencil yang masih berteriak soal keadilan.

Pasalnya, banyak dari mereka yang terkadang jarang mendapatkan tunjangan-tunjangan dan kerap telat ketika dibayarkan.

“Jadi memang masih banyak persoalan dalam pembiayaan pendidikan, bicara soal kesejahteraan guru, bicara soal infrastruktur sekolah-sekolah, jalan menuju ke sekolah yang daerah-daerah sangat terpencil. Nah itu juga harus menjadi perhatian kita,” ungkapnya.

“Nah ini juga membutuhkan perhatian bagaimana pemerintah bisa mengalokasikan anggaran termasuk biaya-biaya pendidikan ini bukan hanya uang sekolah tapi gedung-gedung sekolah juga masih banyak yang rusak, kesejahteraan guru juga masih banyak yang rusak, infrastruktur juga masih banyak yang rusak,” tambahnya menegaskan.