Hasil Tes Kesehatan Capres-Cawapres Diumumkan Hari Ini

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 27 Oktober 2023 07:21 WIB
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari [Foto: Doc. KPU]
Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari [Foto: Doc. KPU]

Jakarta, MI - Seluruh pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) telah selesai menjalani tes kesehatan. 

Sebagaimana diketahui, pasangan bakal capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sudah menjalani tes kesehatan pada Sabtu (21/10). Kemudian, Ganjar Pranowo-Mahfud MD pada Minggu (22/10).

Lalu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto pada Kamis (26/10) kemarin.

Adapun hasil tes kesehatan tersebut akan diumumkan pada hari ini, Jumat (27/10).

"Hasil tes kesehatan dari tiga bakal pasangan calon tersebut akan diumumkan oleh tim pemeriksa RSPAD Gatot Soebroto, akan disampaikan pada KPU secara resmi, pada hari Jumat tanggal 27 Oktober sekitar jam 14.00 siang,” kata Ketua KPU Hasyim Asy'ari kepada wartawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Rabu (25/10).

Hasyim mengatakan, hasil akhir dari rangkaian verifikasi administrasi syarat bakal pasangan calon akan ditetapkan oleh KPU pada Senin (13/11). Setelah itu, dilanjutkan dengan pengundian nomor urut.

“Nanti dilanjutkan dengan pengundian nomor urut pasangan calon hari berikutnya pada 14 November 2023,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen TNI Albertus Budi Sulistya memastikan hasil tes kesehatan capres-cawapres akan diserahkan secara serentak kepada KPU.

"Kami akan menyerahkan serentak ke KPU setelah seluruh pasangan calon diperiksa (kesehatan)," ujarnya.