Komisi IV DPR Nilai Aplikasi Digital untuk Nelayan Tak Efektif

Rekha Anstarida
Rekha Anstarida
Diperbarui 27 Oktober 2023 14:50 WIB
Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan (Foto: Doc Pribadi)
Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan (Foto: Doc Pribadi)

Jakarta, MI - Anggota Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, menyoroti aturan pemerintah terkait penggunaan aplikasi untuk membeli solar bersubsidi yang dianggap justru menyulitkan bagi nelayan. Pemerintah harusnya dapat mengeluarkan kebijakan sesuai dengan kriteria penerima manfaat.

"Sebelum membuat kebijakan, harus dilihat kriteria penerima manfaat. Para nelayan ini sudah terbiasa menggunakan cara konvensional dalam membeli solar untuk keperluan melaut mereka," katanya kepada wartawan di Jakarta. 

"Jadi dengan persyaratan menggunakan aplikasi tentu akan menambah beban mereka. Kebijakan yang kurang efektif diterapkan dapat menghambat penyerapan subsidi solar bagi para nelayan," lanjutnya.

Para nelayan merasa keberatan akan aturan baru tersebut karena banyak dari mereka yang kesulitan mengakses aplikasi melalui ponsel pintar.

"Jadi kebijakan jangan justru mempersulit rakyat. Memahami kriteria masyarakat adalah kunci sukses dalam merancang program yang dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi mereka," ujarnya.

Politikus Fraksi PKB itu menyebut, program-program yang mempertimbangkan kriteria penerima manfaat akan cenderung lebih mudah diterima rakyat. Hal ini lantaran masyarakat akan merasa Pemerintah mendengarkan dan memahami kebutuhan rakyat, serta berusaha memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

"Saya memahami Pemerintah ingin membawa masyarakat kita semakin lebih maju. Tapi tidak bisa dipaksakan juga apabila mereka belum bisa beradaptasi dengan cepat. Diperlukan waktu untuk penyesuaian,” ungkapnya. (DI)