Gusdurian Tak Pernah Berpihak Satu Capres

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 29 Oktober 2023 15:19 WIB
Ilustrasi Pemilihan Presiden (Foto: Ist)
Ilustrasi Pemilihan Presiden (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Putri sulung almarhum Presiden ke-4 Indonesia, Abdurahman Wahid (Gus Dur), Alissa Wahid, menegaskan Jaringan Gusdurian mengambil sikap tak berpolitik secara praktis dan tak pernah berpihak ke satu capres tertentu di Pilpres 2024.

"@GUSDURians sebagai jaringan tetap tidak berpolitik praktis. Jadi ya tidak pernah bahas & umumkan berpihak ke mana. Anggotanya? Tetap dong punya aspirasi politik. Itu personal," ujar Alissa melalui cuitannya di akun X (Twitter) pribadinya @alissawahid seperti dilihat pada Minggu (29/10).

Alissa menekankan bahwa di internal keluarga Gus Dur, urusan kemasyarakatan tetap berada di jaringan Gusdurian. Sementara urusan politik ada di Barisan Kader (Barikade) Gus Dur.

Alissa pun tak menafikkan banyak aktivis Gusdurian yang terlibat pesta demokrasi 2024 ini. Namun, ia mengimbau tidak membawa nama Jaringan Gusdurian. Ia menilai para Gusdurian sudah memahami sembilan nilai utama Gus Dur. Sehingga ia yakin mereka akan memilih pemimpin mengikuti panduan itu.

"Biasanya utk urusan politik praktis mengikuti arah Barikade GD," kata Alissa.

Alissa memastikan jaringan Gusdurian akan fokus kampanye pemilu damai dan pemilu bermartabat. "Kita mengajak para pemimpin lintas iman dan anak muda yang concern untuk bersama mengajak warga bangsa utk menguatkan demokrasi Indonesia," tandasnya. 

Sebagaimana diketahui, bahwa putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid, telah resmi mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD di Pilpres 2024. Dukungan Yenny ini juga diikuti dukungan dari Barisan Kader Gus Dur yang digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (27/10).

Usai Yenny deklarasi, Ganjar yakin bakal mendapat dukungan dari GusDurian. Ganjar turut mengucapkan terima kasih atas dukungan Yenny itu. "Saya kira dengan statement Mbak Yenny, rasa-rasanya representasi dari GusDurian ya, Gusdurian akan ke sini," kata Ganjar. (An)