Ketua DPR: Presiden Joko Widodo Usulkan Jenderal Agus Subiyanto Jadi Panglima TNI

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 31 Oktober 2023 12:07 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani [Foto: Ist]
Ketua DPR RI Puan Maharani [Foto: Ist]

Jakarta, MI - Ketua DPR RI Puan Maharani, mengaku sudah membaca isi surat Presiden (surpres) tentang usulan satu calon nama pengganti Panglima TNI saat ini, Laksamana Yudo Margono yang bakal memasuki masa pensiun pada akhir November 2023.

"Karenanya kami sudah menerima surpres tersebut dan akan menjalankan mekanisme sesuai yang ada di DPR untuk kemudian meneruskan usulan nama pengganti Panglima TNI yang akan datang sesuai mekanismenya yang ada di DPR," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10).

"Terkait dengan usulan pengganti calon Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden, yang mana bahwa Panglima TNI Laksanama Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya yaitu pada 26 November sesuai dengan hari kelahiran dia," lanjutnya. 

Puan mengatakan, sesuai dengan UU TNI, Presiden harus mengusulkan calon pengganti panglima TNI kepada DPR di luar masa reses. Terhitung 20 hari sejak surpres tersebut diterima pimpinan DPR. 

"Karenanya sesuai dengan mekanisme yang ada DPR akan memulai proses dari mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan calon Panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR," ujar Puan. 

Kemudian Puan menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo mengusulkan nama Kepala Satuan Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono. 

"Dan pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, nama yang diusulkan Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai KSAD," bebernya. 

"Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga pernggantian atau Panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan Panglima TNI yang akan datang," ucapnya. (Dhanis)