KPU Dorong Ormas untuk Sosialisasikan Pemilu 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 5 November 2023 11:08 WIB
Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga KPU RI, Dohardo Pakpahan (Foto: Dhanis/MI)
Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga KPU RI, Dohardo Pakpahan (Foto: Dhanis/MI)

Tangerang, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menggelar Sosialisasi Pemilu 2024 dengan tema Sinergisitas dan Kolaborasi Dalam Rangka Menyukseskan Pemilu 2024 di Hotel Soll Marina, Tangerang Selatan, Minggu (5/11).

Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga KPU RI, Dohardo Pakpahan, mengatakan pihaknya sudah bekerja sama dengan organisasi masyarakat (ormas) untuk membantu KPU dalam mensosialisasikan Pemilu 2024. 

"Kegiatan ini merupakan sesuatu kegiatan yang memang dirancang untuk bekerja sama dengan ormas-ormas, khususnya ormas-ormas keagamaan, ormas ke pemudaan dan juga ormas-ormas yang peduli pemilu dengan demokrasi dan politik," kata Pakpahan dalam pidatonya. 

Dia menyampaikan, ada dua puluh sembilan ormas yang bakal membantu KPU dalam menyukseskan sosialisasi pemilu. 

"Jadi KPU sudah menetapkan ada sekitar 29 ormas yang akan kita suport dalam melakukan kegiatan sosialisasi seperti ini," ujarnya. 

Adapun alasan KPU menggunakan ormas, kata Pakpahan, karena pihaknya tak bisa sebebas ormas dalam mensosialisasikan. Selain itu, tugas ormas yang fleksibel memudahkan langkah KPU dalam mengajak dan mensosialisasikan pemilu ke masyarakat. 

"Kenapa KPU memakai ormas? karena kami tahu bahwa ormas-ormas kita itu tanpa batas, dia bisa masuk kemana saja," imbuhnya. (DI)