Memasuki Musim Hujan, DPR Minta Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Publik

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 November 2023 12:26 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Ist)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Memasuki musim hujan, Ketua DPR RI Puan Maharani, meminta Pemerintah dan seluruh stakeholder terkait untuk memperbaiki sejumlah fasilitas atau sarana penunjang transportasi publik. 

Hal itu disampaikan Puan, untuk buntut daro plafon di sekitar Stasiun Kereta Cepat Halim dan Stasiun Commuterline Cawang jebol akibat diguyur hujan deras. Akibatnya, masyarakat yang menggunakan transportasi tersebut sempat mengalami kendala.

"Dalam situasi perubahan iklim yang semakin ekstrem, upaya perlindungan dan perawatan fasilitas transportasi publik menjadi semakin mendesak untuk menjamin keselamatan masyarakat serta agar mobilitas warga berjalan lancar dan aman," kata Puan kepada wartawan, Senin (6/11).

Untuk itu, Puan menekankan perlunya pemeliharaan sarana dan prasarana secara khusus saat tingginya intensitas hujan, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem.

"Fasilitas transportasi publik yang aman dan nyaman harus menjadi prioritas utama bagi Pemerintah, terutama di tengah tantangan cuaca ekstrem yang tidak dapat diprediksi," ujarnya.

Puan menambahkan, koordinasi yang efektif antara Pemerintah pusat, Pemda dan lembaga terkait diharapkan dapat memperkuat ketahanan infrastruktur transportasi publik.

"Ini berlaku di semua daerah, bukan hanya Jakarta saja. Sehingga masyarakat dapat tetap nyaman menggunakan fasilitas umum dalam kondisi cuaca apapun," tutupnya. (DI)