Fit and Proper Test Panglima TNI Bakal Digelar Pekan Depan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 7 November 2023 14:10 WIB
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid (Foto: Dhanis/MI)
Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, mengatakan Jenderal Agus Subiyanto bakal menjalani uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test sebagai calon Panglima TNI pada pekan depan. Untuk itu, Badan Musyawarah (Bamus) pimpinan DPR akan digelar dalam minggu ini.

"Kalau Bamus belum. Tapi Bamus minggu ini. Jadi kalau nggak hari ini, besok atau lusa, pokoknya minggu ini. Awal pekan depan kita langsung fit and proper," kata Meutya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (7/11).

Kata Meutya, pengesahan calon Panglima TNI akan diserahkan sepenuhnya kepada pimpinan DPR RI. Ia memperkirakan sebelum tanggal 21 November Panglima TNI yang baru sudah diparipurnakan oleh DPR. 

"Kalau pengesahan nanti itu ranah pimpinan DPR, mau dibawa ke paripurnanya kapan. Tapi kan kalau lihat prosesnya 21 hari berarti ya sebelum di tanggal 21," ujar Meutya.

Politikus fraksi Golkar itu berharap, fit and proper Panglima TNI yang baru bisa selesai dalam satu hari dan dapat segera dirampungkan pada pekan depan. 

"Mudah-mudahan selesai satu hari. Kalau memang selesai satu hari, kita juga akan, biasa kan, verifikasi faktual untuk melihat kediaman beliau," ucapnya.

"Jadi itu kita selesaikan semuanya minggu depan. Mudah-mudahan di awal minggu sudah beres semua kalau yang di Komisi I," imbuhnya. (DI)