Ganjar Soroti Banyak Anak Muda Pragmatis Ingin Jadi Presiden

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 8 November 2023 08:56 WIB
Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo ( Foto: Dhanis/MI)
Bakal Calon Presiden, Ganjar Pranowo ( Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, mengaku heran terhadap anak-anak muda yang tak tertarik untuk masuk partai politik tetapi tertarik menjadi Walikota, bahkan tertarik menjadi Presiden. 

"Sehingga pada saat saya menyampaikan pada anak-anak muda apakah kamu tertarik pada partai politik untuk bergabung? Ternyata sebagian tidak. Tapi ketika saya tanya apakah kamu tertarik jadi Bupati atau Walikota, tertarik jadi Gubernur, tertarik jadi Presiden? Mereka tertarik," kata Ganjar di Centre for Strategis and International Studies (CSIS), Jakarta, Selasa (7/11). 

"Saya sampaikan pada anak-anak muda yang banyak sekali tidak tertarik pada partai politik karena wajah partai politik sering kali menjadi ya banyak catatan lah begitu. Tapi itu buat saya tantangan dan sebuah pilihan," lanjutnya. 

Menurut Ganjar, banyak anak muda saat ini yang cara berpolitiknya dilakukan dengan cara pragmatis. Seperti ingin menduduki suatu jabatan semisal Walikota hingga Presiden, tetapi tidak ingin melalui prosesnya. 

"Jadi situasi yang mendorong mereka menjadi anak-anak instan hari ini, memang ya terimalah dengan lapang dada," ungkapnya. 

Namun, kata Ganjar, para politikus senior harusnya mengedukasi anak-anak muda soal pentingnya berproses dalam berpolitik.

"Tugas kita yang lebih senior untuk memberikan edukasi kepada mereka bahwa proses itu penting. Termasuk bagaimana memahami proses dalam politik luar negeri kita," imbuhnya. (DI)