Hasto ke Joko Widodo: Politik ini Bukan Drama

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 9 November 2023 08:13 WIB
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, mengatakan kondisi politik saat ini bukan seperti drama yang dibayangkan oleh Joko Widodo. Menurutnya, politik harus dilihat dari mata hati dan direnungkan oleh akal sehat. 

"Politik ini memang bukan drama politik, ini kesungguhan politik. Ini dedikasi politik, ini komitmen terhadap masa depan tetapi politik ini harus keluar dari cerminan mata hati, akal sehat dan nurani," katanya di Gedung High End, Jakarta, Rabu (8/11).

Hasto menyinggung soal putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 90/PUU-XXI/2023 tentang syarat batas usia capres-cawapres yang menurutnya itu hasil rekayasa MK. 

"Jadi, kalau akal sehat dilanggar, ketika hukum direkayasa, MK dikebiri, ya muncul lah suatu gerakan untuk meluruskan itu. Dan apa yang diputuskan oleh MKMK itu menunjukkan kemenangan nurani," ujarnya.

Untuk itu, putusan yang diumumkan Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) merupakan langkah kemenangan dari kebenaran.

"Itu menunjukkan kemenangan dari kekuatan kebenaran. Sehingga berbagai rekayasa hukum bisa dipatahkan oleh kekuatan-kekuatan pro demokrasi yang memang tidak ingin MK sebagai benteng konstitusi, dan demokrasi dikebiri dan demokrasi mati," terangnya. (DI)