Anies Baswedan Usul Penggunaan Istilah SDM Diganti Jadi Kualitas Manusia

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 10 November 2023 05:55 WIB
Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan (Foto: Dhanis/MI)
Bakal Calon Presiden, Anies Baswedan (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan mengusulkan kalau istilah Sumber Daya Manusia (SDM) dirubah menjadi kualitas manusia. Anies menilai, ada perbedaan yang sangat mendasar dari kedua istilah tersebut.

"Kalau boleh usul bapak ibu sekalian kita menggunakan istilah kualitas manusia, daripada SDM," kata Anies di Rakernas LDII 2023, Jakarta, Kamis (9/11). 

Menurut Anies, istilah SDM itu diartikan manusia sebagai faktor produksi dan manusia sebagai sumber daya. Sehingga ketika berbicara dalam konteks lebih luas, penggunaan kata tersebut lebih tepat. 

"Kenapa? karena kalau kita menggunakan S, D, dan M maka kita menempatkan manusia sebagai faktor produksi, manusia sebagai sumber daya," ujarnya. 

"Sementara kita semua sedunia sudah mulai berpandangan pembangunan kualitas manusia, bukan pembangunan sumber daya manusia. Sehingga konteksnya lebih luas," lanjutnya.

Kata Anies, masalah ketimpangan pembangunan kualitas manusia di Indonesia harus serius diatasi, seperti yang terjadi di kawasan Indonesia bagian timur atau daerah-daerah yang keberadaannya jauh dari pusat kota, mereka sangat tertinggal. 

"Artinya telatnya berapa? satu dekade. Kalau kita biarkan terus ini tidak ada keseriusan maka ketimpangan itu akan menjadi makin meluas," terangnya. 

"Jadi ketika tadi mendengar apa yang disampaikan tentang pembangunan kualitas manusia maka sudah saatnya kita serius membereskan ini secara teritorial," jelasnya. (DI)