Walikota Medan Bobby Nasution Dipecat dari PDIP

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 14 November 2023 12:50 WIB
Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Ganjar Pranowo (Foto: Ist)
Walikota Medan, Bobby Nasution bersama Ganjar Pranowo (Foto: Ist)

Jakarta, MI - DPC PDI Perjuangan Kota Medan memecat Walikota Medan sekaligus menantu Presiden, Bobby Nasution dari keanggotaan partai yang diketuai oleh Megawati Soekarnoputri.

Keputusan tersebut dijatuhkan usai Bobby secara terang-terangan mendukung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk kontestasi Pilpres 2024.

Sebagaiman keputusan yang tertuang dalam surat yang diterbitkan pada 10 November lalu dengan nomor 217 /IN/DPC-29.B-26.B/XI/2023. Surat ini ditandatangani Ketua DPC PDIP Kota Medan, Hasyim, dan Sekretaris DPC Roby Barus.

"DPC PDI Perjuangan Kota Medan menyatakan bahwa Muhammad Bobby Afif Nasution telah terbukti melakukan tindakan pelanggaran Kode Etik dan Disiplin Anggota Partai dengan tidak mematuhi peraturan dan keputusan partai," kata Hasyim dalam surat yang telah ditandatangani. 

"Karena mendukung pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung oleh partai politik lain sehingga Muhammad Bobby Afif Nasution tidak lagi memenuhi syarat sebagai anggota PDI Perjuangan," lanjutnya.

Hasyim mengatakan bahwa pihaknya sudah menunggu Bobby mengembalikan kartu tanda anggota (KTA). Tapi, hal itu tak kunjung dilakukannya meski DPP PDIP telah memberikan tenggat waktu tiga hari setelah melakukan klarifikasi.

"Sampai batas waktu yang diberikan oleh DPP Partai bahwa Saudara Muhammad Bobby Afif Nasution belum juga menyerahkan surat pengunduran diri dan KTA PDI Perjuangan kepada DPC PDI Perjuangan Kota Medan," tegasnya. (DI)