Jaga Harga Listrik Tetap Terjangkau, DPR Tagih Komitmen Pemerintah

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 17 November 2023 18:13 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI, Diah Nurwitasari (Foto: Ist)
Anggota Komisi VII DPR RI, Diah Nurwitasari (Foto: Ist)

Jakarta, MI - Anggota Komisi VII DPR RI Diah Nurwitasari, menagih komitmen Pemerintah dalam menjaga keterjangkauan harga listrik bagi masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

Menurutnya, intisari dari kebijakan pembangunan Infrastruktur ketenagalistrikan, penyaluran listrik, dan pembangkit tenaga listrik ialah untuk menghadirkan listrik di tengah masyarakat dengan biaya terjangkau. 

"Karena ujung kebijakan adalah untuk menghadirkan kebermanfaatan bagi masyarakat. Selain menghadirkan listrik di tengah masyarakat, tapi juga tentang biaya yang harus dikeluarkan masyarakat," kata Diah kepada wartawan, Jumat (17/11).

Diah mengatakan, Pemerintah harus mengkaji secara seksama ketersediaan dan keterjangkauan harga listrik bagi masyarakat, sebelum membuat kebijakan terkait perkembangan energi di Indonesia.

"Hal tersebut harus dikaji dengan perhitungan yang sangat cermat. Bagaimanapun kondisi yang terjadi, Pemerintah harus berkomitmen dalam memastikan keterjangkauan harga listrik bagi masyarakat," ujarnya.

Untuk itu, Diah menekankan, proses perencanaan dan penghitungan yang dilakukan Pemerintah harus akurat dalam konteks, rencana pembangunan Infrastruktur ketenagalistrikan, penyaluran listrik dan pembangkit tenaga listrik. (DI)