Komisi VIII DPR Masih Godok Soal Kenaikan Biaya Haji Tahun 2024

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 22 November 2023 17:55 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily (Foto: Dhanis/MI)
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, mengatakan bahwa pihaknya sampai saat ini masih terus menggodok kenaikan Biaya Penyelenggaran Ibadah Haji (BPIH) tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi sesuai usulan Kementerian Agama (Kemenag). 

"Masih terus membahas tentang komponen biaya haji, yang pada awalnya diusulkan oleh pemerintah sebesar 105 juta. Dan tadi disampaikan oleh panja pemerintah terjadi penurunan yang signifikan menjadi 95,8 juta," katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (22/11).

Kata Ace, pihaknya bersama Panja BPIH tengah melakukan penelusuran terkait biaya-biaya komponen yang bisa diefesiensikan. 

"Beberapa komponen bisa diturunkan, pada angka mendekati 93,8 juta dan tentu kita harapkan dengan adanya biaya yang semakin diturunkan, mungkin harus ada titik temu antara panja dari pemerintah dengan komisi VIII DPR RI tentang biaya haji ini," tuturnya. 

Namun, Ace mengatakan bahwa hal tersebut masih dapat berubah. Sehingga, ia berharap BPIH 2024 bisa segera diputuskan pada 27 November mendatang. 

"Tetapi ini masih tentatif, karena mungkin pastinya akan dibahas bersama-sama keputusannya, pastinya nanti pada hari kita targetkan bisa selesai pada hari Senin tanggl 27 November," imbuhnya. (DI)