Ini Pesan Ketum Muhammadiyah Ke Ganjar-Mahfud

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 November 2023 10:53 WIB
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (Foto: Dhanis/MI)
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, berpesan kepada Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD agar tak membuat janji politik yang tak mungkin bisa dilaksanakan. 

Hal itu disampaikan Haedar, dalam acara Dialog Terbuka Muhammadiyah Bersama Calon Pemimpin Bangsa di Gedung Cendekia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Tangerang Selatan, Kamis (23/11).

"Jangan bikin janji di luar kemampuan," kata Haedar, Kamis (23/11).

Haedar memaparkan, ruang diskusi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang visi atau misi apa, yang bakal dibawa oleh calon presiden dan wakil presiden yang akan berlaga di Pemilu 2024.

"Kita semakin tahu apa yang akan dibawa para capares-cawapres untuk memimpin Indonesia ke depan," ujarnya.

Selain itu, kata Haedar, dialog terbuka ini sebagai uji publik untuk tiga capres-cawapres pada 21-23 November 2023, yang diselenggarakan di tiga Kampus Muhammadiyah.

Sebelumnya, pasangan capres-cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sudah terlebih dahulu menyambangi Universitas Muhammadiyah Surakarta, sedangkan untuk pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, akan digelar besok di Universitas Muhammadiyah Surabaya. 

"Uji publik merupakan langkah elegan Muhammadiyah setelah beberapa kali Pemilu tidak boleh lagi ada politik perpecahan atau 'beli kucing dalam karung' walaupun 'karungnya bolong'," jelasnya Haedar. 

Untuk itu, Haedar berharap dengan dialog tersebut dapat memberikan pemahaman kepada pemilih agar tak salah memilih pemimpin di Pilpres 2024 mendatang. 

"Agar menjadi warga bangsa yang memilih dengan cerdas, bertanggung jawab, dan tentu dengan moralitas luhur agar tak asal memilih dan tak salah pilih," pungkasnya. (DI)