Prabowo Sebut Kemiskinan Sebagai Dalang Utama Timbulnya Radikalisme-Terorisme

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 24 November 2023 14:32 WIB
Calon Presiden Nomor Urut Dua, Prabowo Subianto
Calon Presiden Nomor Urut Dua, Prabowo Subianto

Surabaya, MI - Calon Presiden nomor urut dua Prabowo Subianto, mengatakan salahsatu pemicu timbulnya masalah radikalisme, ekstrimisme dan terorisme disebabkan karena kemiskinan. Karena itu adalah ladang subur untuk menanamkan benih tersebut. 

"Masalah terorisme, radikalisme, ekstremisme itu akan subur dan muncul di saat sebagian rakyat kita putus asa, kalau sudah hilang harapan masa depan," kata Prabowo di Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur (24/11).

Prabowo mengingatkan, untuk berhati-hati terhadap hasutan-hasutan yang mengarah kepada hal itu. Pasalnya, hasutan tersebut akan mudah diterima oleh orang yang sedang mengalami depresi dan tak mendapatkan keadilan. 

"Biasanya penghasut-penghasut lebih mudah ke orang yang tidak punya harapan dan merasa diperlakukan dengan tidak adil. Itu adalah lahan subur untuk terorisme, radikalisme dan ekstremisme, itu keyakinan saya," ujarnya. 

Lebih lanjut, kata Prabowo, untuk mencegah datangnya hal itu. Negara harus memberantas masalah kemiskinan dan tak boleh lagi ada rakyat yang hidup dengan kelaparan. Karena inilah akar utamanya gejolak-gojolak persoalan tersebut terjadi. 

"Rakyat kita tidak boleh menghadapi keadaan kurang makan, tidak bisa punya pekerjaan dan tidak ada harapan, masa depan, dia tidak boleh," paparnya. 

"Kita harus hilangkan kemiskinan dari bumi Indonesia dan insya Allah kita akan hilangkan radikalisme, ekstremisme dan terorisme," tandasnya. (DI)