DPR Dorong Program Hilirisasi untuk Tingkatkan Perekonomian

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 Desember 2023 15:24 WIB
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Dhanis/MI)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Ketua DPR RI Puan Maharani, mendorong kebijakan pemerintah dalam melakukan hilirisasi industri pemurnian tembaga atau pembangunan smelter di Indonesia. Menurutnya langkah ini akan berdampak baik bagi perekonomian masyarakat sekitar. 

"Pembangunan smelter akan menjadi langkah sangat positif, untuk mewujudkan program hilirisasi industri serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," kata Puan kepada wartawan di Jakarta, Senin (11/12).

Sehari sebelumnya, Puan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke PT Freeport Indonesia di Tembagapura (PTFI), Mimika, Papua Tengah, Minggu (10/12). Ia mendukung usaha PTFI untuk lebih aktif terlibat dalam pembangunan sosial, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat lokal.

"PTFI perlu meningkatkan peran strategisnya di Papua guna memaksimalkan manfaat bagi masyarakat setempat. Hal ini menjadi sorotan utama dalam upaya memperkuat dampak positif keberadaan PTFI di wilayah tersebut," kata Puan saat kunker ke PTFI.

"Upaya untuk mendukung pendidikan dan pelatihan keterampilan lokal juga dianggap penting guna memberikan kesempatan ekonomi yang lebih luas," tambah Puan.

Puan menjelaskan, optimalisasi peran PTFI tak hanya akan memberikan keuntungan ekonomi bagi perusahaan, tetapi juga dapat menjadi katalisator untuk peningkatan kualitas hidup masyarakat Papua. 

"Diharapkan adanya kesinambungan dalam upaya bersama antara pihak terkait guna mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah Papua," terangnya. (DI)