KPU Pastikan Nobar Debat Capres Perdana Ditiadakan

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 11 Desember 2023 22:52 WIB
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat menggelar konferensi pers debat capres-cawapres Pilpres 2024 di kantor KPU RI (Foto: Dhanis/MI)
Pimpinan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI saat menggelar konferensi pers debat capres-cawapres Pilpres 2024 di kantor KPU RI (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI batal menggelar nonton bareng (nobar) debat capres perdana yang rencananya bakal digelar di beberapa titik.

Sedangkan untuk Debat Capres tersebut akan berlangsung di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) pada pukul 19.00 Wib.

"Nonton bareng (nobar) tidak jadi dilaksanakan," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat konferensi pers persiapan debat capres-cawapres di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (11/12).

Adapun batalnya nobar debat capres tersebut dikarenakan semua stasiun televisi akan menyiarkan secara langsung. Bahkan, platform digital yang berkaitan dengan kegiatan penyiaran pun ikut menayangkan debat capres-cawapres Pilpres 2024.

"Karena semua tv akan menyiarkan secara langsung, tidak hanya televisi. Tapi semua platform yang kaitannya dengan penyiaran, termasuk radio, baik streaming dan sebagainya diberikan akses untuk menyiarkan debat," jelas Hasyim.

Sebelumnya, anggota KPU RI August Mellaz, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan tiga lokasi untuk nobar debat perdana capres.

"Terkait apakah ada titik 'nobar' di beberapa tempat itu sedang kami bicarakan, memang sudah ada proyeksi di tiga titik," kata Mellaz di Kantor KPU, Sabtu (9/12).

Namun, dia tak mengungkapkan lokasi yang rencananya dipakai untuk nobar. Mellaz hanya menjelaskan bahwa tujuan nobar tersebut untuk mencegah konsentrasi massa ke Kantor KPU RI. (DI)