2.000 Personel Dikerahkan Amankan Debat Pilpres 2024

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 12 Desember 2023 06:38 WIB
Ilustrasi [Foto: Ist]
Ilustrasi [Foto: Ist]
Jakarta, MI - Sebanyak 2.000 personel Polisi diterjunkan mengawal jalannya debat perdana calon presiden dan wakil presiden di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa (12/12).

"Seluruh personel yang dilibat dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2.000 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko, dikutip Selasa (12/12).2.000 personel itu, terdiri dari tujuh satuan tugas (satgas). Pertama preemptif, lalu preventif, serta satgas gakkum (penegakan hukum). 

Trunoyudo juga mengatakan, pihaknya akan menyiagakan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Kantor KPU sejak pukul 15.00 WIB.

"Terdiri dari 7 satgas, satgas preemptif, preventif, kemudian satgas kamsotib jalantas dan juga adanya satgas tindak dan satgas gakkum serta serta satgas humas," ujar dia.

Sebelumnya, KPU RI akan menggelar debat capres-cawapres perdana pada Selasa, (12/12) sekitar pukul 19.00 WIB. Debat perdana hanya dikhususkan untuk calon presiden (capres) saja yakni Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. 

Tema debat pertama akan membahas mengenai Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan korupsi, Penguatan demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga.

Terdapat enam segmen dalam debat capres-cawapres perdana besok. Segmen pertama adalah pembukaan, pembacaan tata tertib dan penyampaian visi, misi, dan program kerja. Dilanjutkan segmen kedua berupa pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Selanjutnya, segmen ketiga yakni mencakup pendalaman visi, misi, dan program kerja oleh Moderator. Segmen keempat dan kelima berisi tanya jawab dan sanggahan dan terakhir yaitu penutup.