Masyarakat Diimbau Jangan Lewat Kantor KPU RI Mulai Jam 3 Sore

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 12 Desember 2023 08:40 WIB
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Terpampang di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Foto: Dhanis/MI)
Logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) Terpampang di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat (Foto: Dhanis/MI)

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan melangsungkan debat capres-cawapres tahap pertama di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) pada jam 19.00 Wib.

Anggota KPU RI August Mellaz, mengatakan acara debat capres tak boleh ada gangguan, baik dari suara kendaraan maupun aksi para relawan dari masing-masing pasangan calon (Paslon).

"Kita mau sterilisasi jalur depan, Jalan Imam Bonjol itu akan dikosongkan. Kalau Jalan Imam Bonjol ini ditutup maka tidak ada lagi konsentrasi masa di sana," kata Mellaz di Kantor KPU RI, Senin (11/12). 

Untuk itu, sebanyak 2.000 personel bakal dikerahkan Polda Metro Jaya dalam mengamankan acara tersebut.

"Seluruh personel yang dilibatkan dalam proses pengamanan ini ada sebanyak 2.000 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, kepada wartawan, Senin (11/12).

Trunoyudo mengatakan, personel tersebut terdiri dari 7 Satuan Tugas Daerah (Satgasda). Yakni, Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcarlantas dan Satgas Tindak serta Satgas Gakkum hingga Satgas Humas.

"Tentunya Satgasda Polda Metro Jaya akan memberikan pengamanan," kata Trunoyudo. 

Selanjutnya untuk rekayasa lalu lintas, dia menjelaskan, hal itu bersifat situasional yang dimulai pada pukul 15.00 WIB dan pada saat pelaksanaan debat berlangsung pukul 19.00 WIB.

"Tentunya kami mengharapkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menghindari pada jalur-jalur berikut, yang tentunya akan dilakukan kegiatan dalam debat capres dan cawapres," terangnya.

Berikut rekayasa lalu lintas saat berlangsung debat capres perdana di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (12/12) malam:

1. Kendaraan yang datang dari arah Bundaran HI yang akan menuju Jalan Imam Bonjol dialihkan ke Jalan H. Agus Salim maupun Jalan Pamekasan.

2. Kendaraan yang datang dari arah Jalan H. Agus Salim yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Pamekasan atau belok ke kanan ke arah Bundaran HI.

3. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Rasuna Said yang akan menuju Jalan Imam Bonjol diluruskan ke Jalan Cokroaminoto atau belok ke kanan ke Jalan Diponegoro.

4. Kendaraan yang datang dari arah Jalan Diponegoro yang akan menuju Bundaran HI dialihkan ke kiri Jalan Rasuna Said maupun ke kanan Jalan Hos Cokroaminoto.

(DI)