Balas Prabowo, PKS Bongkar Isi Rumah Tangga Pilkada DKI 2017

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 15 Desember 2023 16:00 WIB
Anies Baswedan (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) saat debat capres perdana di Kantor KPU RI (Foto: Doc/MI)
Anies Baswedan (kiri) dan Prabowo Subianto (kanan) saat debat capres perdana di Kantor KPU RI (Foto: Doc/MI)

Jakarta, MI - Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Kholid, memandang bahwa capres nomor urut 1 Anies Baswedan tidak pernah berhutang jasa kepada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto, seperti yang diklaim pada saat debat capres kemarin di kantor KPU RI. 

Menurutnya, jika Anies memang memiliki hutang, maka itu adalah hutang jasa kepada warga Jakarta karena telah mempercayakannya untuk memimpin Jakarta waktu Pilkada DKI 2017. 

"Memang benar Mas Anies berutang jasa politik, tetapi bukan kepada Pak Prabowo tetapi kepada warga Jakarta yang dengan tulus memilihnya," kata Kholid kepada wartawan, Jumat (15/12).

Kata Kholid, Ketum Gerindra itu mestinya ingat, bahwa pencalonan Anies Baswedan pada Pilkada 2017 bukan semata-mata karena peran Prabowo atau Partai Gerindra, tetapi justru ada peran PKS yang sangat besar. 

"Pencalonan Mas Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta itu oleh dua partai, PKS dan Gerindra. Dan bagi PKS, ketika Mas Anies terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta maka beliau adalah milik seluruh warga Jakarta, bukan milik PKS atau Gerindra," ujarnya. 

Kholid mengungkap, pada saat itu Gerindra mengusung Sandiaga Uno yang merupakan kader dari Gerindra. Sedangkan PKS mengusung Mardani Ali Sera sebagai pendamping Sandi, tetapi karena situasi politik yang sangat dinamis, PKS berbesar hati menyerahkan hak pengusungan Mardani tersebut kepada Anies.

Karena itu Kholid menilai, sikap yang ditunjukkan Prabowo saat debat capres kemarin terkesan pesonal attacking dan tampak emosional dalam debat.

"Tampaknya Pak Prabowo belum move on. Bukannya adu gagasan untuk kedepan, justru menyerang personal dengan mengungkit-ungkit masa lalu. Ini tidak baik dan tidak dewasa," tukasnya. (DI)