Fraksi PKS: Gaza Butuh Intervensi Dunia untuk Menekan AS

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 16 Desember 2023 18:29 WIB
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini (Foto: MI/Dhanis)
Ketua Fraksi PKS DPR RI, Jazuli Juwaini (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini, menyesalkan veto yang dilakukan Amerika Serikat (AS) terhadap Resolusi Gencatan Senjata Dewan Keamanan (DK) PBB untuk menghentikan kekerasan di Gaza Palestina.

Meski veto tersebut disponsori oleh 102 negara termasuk Indonesia, DK PBB gagal menghasilkan resolusi.

"Kondisi di Gaza sudah sangat memprihatinkan sehingga butuh intervensi kemanusiaan dari dunia," kata Jazuli kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (16/12).

Kata Jazuli, dunia telah terluka parah melihat kekejaman agresi Israel yang telah banyak merenggut nyawa-nyawa tak berdosa. 

Banyaknya korban sipil yang jelas mengarah pada genosida, Jazuli mengaku heran AS justru ingin hal itu terus berlangsung.

"Delapan belas ribu lebih korban jiwa rakyat Palestina, dimana 8.000 lebih terdiri dari anak-anak dan 6.200 perempuan meninggal dunia. Pantas kita bertanya dimana rasa kemanusiaan AS?," tanya Jazuli. 

"Dimana pembelaan hak asasi manusia yang selama ini diagung-agungkan dan dijadikan agenda global politik luar negeri AS? Kita sangat kecewa, AS telah mati rasa kemanusiaannya di mata dunia," pungkasnya. 

Sebelumnya, pada Jumat (08/12) Amerika Serikat memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera untuk menghentikan pertumpahan darah yang sedang berlangsung di Jalur Gaza ketika jumlah korban tewas terus meningkat. (DI)