PKB: Kami Tak Pernah Berubah Soal IKN

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 23 Desember 2023 07:49 WIB
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)
Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Waketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid, mengatakan hingga hari ini pihaknya mengatakan masih konsisten dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Karena hal itu sudah diatur oleh undang-undang (UU) yang sudah disepakati, sehingga harus dilanjutkan. 

"Sampai hari ini tidak ada. Siapa yang berubah? Itu kan bagian UU yang sudah diputuskan oleh DPR dan harus dijalankan. Siapapun pemerintahannya," kata Jazilul di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (22/12) malam. 

Namun, kata Jazilul pembangunan IKN bukan skala prioritas bagi kubu pasangan berakronim AMIN itu. Sebab, menurutnya pemerataan pembangunan terhadap kota-kota jauh lebih penting ketimbang membangun satu kota. 

"Bahwa itu kemudian tidak menjadi prioritas untuk dibangun cepat, kan disitu tidak ada tanggalnya, tidak ada batasnya. Kita usahakan lebih percepat lagi 40 kota dari pada hanya 1 kota," ujarnya.

"Yaa hanya sekadar komitmen-komitmen pak Muhaimin bukan menolak, tapi mengganggap itu bukan prioritas," tambahnya. 

Menurut Jazilul, keberadaan IKN yang masih dipenuhi hutan menjadi pertimbangan para investor untuk berdatangan, sebab tak ada masyarakat ataupun komunitas penduduk yang tinggal di sana menjadi pertimbangan para investor. 

"Tapi faktanya menjadi polemik sampai hari ini, tidak ada investor yang datang, yang dijanjikan," tuturnya. (DI)