Prabowo Diunggulkan Pada Debat Capres Ketiga, Ganjar: Politik Itu Memang Harus Mengklaim

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 28 Desember 2023 19:30 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)

Jakarta, MI - Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengaku tak mempersoalkan jika ada pihak-pihak yang memprediksi atau bahkan mengklaim capres nomor urut 2 Prabowo Subianto akan unggul dalam debat tahap ketiga.

Pasalnya, debat capres selanjutnya yang akan digelar pada 7 Januari 2024 dengan tema, "Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik" diyakini bakal menjadi keunggulan bagi Prabowo. Mengingat latar belakangnya sebagai seorang militer dan saat ini menjabat Menteri Pertahanan. 

"Saya kira seluruh klaim yang akan diberikan oleh masing-masing calon sah-sah adanya," kata Ganjar kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/12).

Kata Ganjar, politik itu memang harus mengklaim sehingga tak ada masalah pada hal itu. Tetapi, Ganjar mengingatkan bahwa permasalahan bangsa itu sangat banyak, tidak melulu pada persoalan pertahanan dan keamanan. 

"Politik, kampanye, itu saatnya ngeklaim. Jadi, boleh semua ngeklaim, tetapi problem bangsa ini sangat banyak, termasuk pertahanan dan keamanan," ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Akbar Himawan Buchari menilai latar belakang Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan akan menguntungkannya dalam menghadapi debat capres tahap ketiga.

"Materinya tentang pertahanan, keamanan, dan geopolitik. Saya rasa itu tugasnya Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Kami meyakini Pak Prabowo sudah sangat mempersiapkan ini, sudah melakukan ini, sudah mengimplementasikan, dan nanti akan diberikan ke depan," kata Akbar dilansir Antara, Kamis (28/12). (DI)