TKN Prabowo-Gibran Minta Roy Suryo Jangan Sebarkan Fitnah

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 28 Desember 2023 20:20 WIB
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani (Foto: Antara)
Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani (Foto: Antara)

Jakarta, MI - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani, merespons tudingan pakar telematika Roy Suryo kepada cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka yang disebut memakai 3 mic saat debat cawapres sementara 2 lawan debatnya tidak. 

Menurut Rosan, Indonesia merupakan negara demokrasi yang membolehkan warga negaranya untuk berbicara di hadapan publik, tetapi jangan gunakan hak tersebut untuk menyebarkan hoaks.

"Ini negara demokrasi. Boleh saja bicara apa saja, tapi tolong jangan menyebarkan sesuatu yang tidak benar, fitnah, jangan menyebarkan sesuatu yang tidak benar," kata Rosan ditemui usai menghadiri deklarasi Pejuang PPP di Jakarta, Kamis (28/12).

Ia menyebut seluruh pihak harusnya melakukan edukasi politik dalam rangkaian pesta demokrasi ini, bukan justru menyebarkan informasi yang salah kepada masyarakat.

"Jangan melakukan edukasi politik yang salah, terutama menyebar hoaks, menyebar berita tidak benar, sehingga pesta demokrasi ini dirusak oleh hal-hal seperti itu," ujarnya.

Namun demikian, Rosan enggan membeberkan apakah TKN akan mengambil langkah hukum terkait tudingan Roy Suryo.

Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah memberi klarifikasi atas tudingan itu. "KPU kan sudah memberikan klarifikasi dan statement (pernyataan, red.), ya, saya rasa itu," pungkasnya.