Ganjar Sebut Ada Pihak Berkelompok Memanipulasi Hasil Survei

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 31 Desember 2023 03:40 WIB
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) (Foto: Dok MI)
Ganjar Pranowo (kiri) dan Mahfud MD (kanan) (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Calon presiden (capres) 2024 nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyebut ada pihak berkelompok memanipulasi hasil survei terkait elektabilitas capres-cawapres yang dilakukan sejumlah lembaga survei.

Hal ini ia katakan menanggapi sejumlah hasil survei yang menyatakan elektabilitasnya bersama calon wakil presiden Mahfud Md tertinggal dari dua pesaingnya pada Pilpres 2024.

Yaitu ada perbedaan mencolok hasil surveinya meski dilakukan dalam waktu yang berdekatan. Survei Center for Strategic and International Studies atau CSIS menyebutkan paslon Prabowo-Gibran unggul 43,7%, Anies-Muhaimin 26.1% dan Ganjar-Mahfud 19.4%.  

Sisanya, sebanyak 6,4 persen responden mengaku belum menentukan pilihan. Lalu, 4,5 persen lainnya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Survei CSIS ini digelar pada 13-18 Desember 2023 melibatkan 1.300 responden yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia. 

Responden dipilih secara acak menggunakan metode multistage random sampling dan diwawancarai secara langsung.  CSIS mengklaim margin of error survei sebesar kurang lebih 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berbeda dengan CSIS, hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia menyatakan Ganjar-Mahfud berada di urutan kedua dengan elektabilitas 24,5 persen mengungguli AMIN yang duduk di posisi terakhir dengan elektabilitas 21 persen.

Survei dilakukan pada 23 Desember hingga 24 Desember 2023 terhadap 1.217 responden. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden). Margin of error kurang lebih 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

"Survei kemarin muncul, dua survei hampir bersamaan, dua-duanya hasilnya beda. Kami sudah paham siapa yang kemudian berkelompok, kami paham bagaimana hasilnya, kami paham bagaimana metode itu dilaksanakan. Tapi kami tidak paham bagaimana melawan itu," kata Ganjar dalam acara 45 Hari Menuju Kemenangan Ganjar-Mahfud di Djakarta Theater, Sabtu (30/12). 

Atas hal ini, Ganjar mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan tim IT untuk memantau pemilu, termasuk mencegah terjadinya kecurangan. Dia mewanti-wanti agar pihak lain tidak berbuat curang demi mencapai kemenangan. "Yang akan curang, kami sedang memantau kalian dan kami mengerti soal ini," tegasnya.

Optimis

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud optimistis pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mampu masuk putaran keduanya Pilpres 2024. 

Berdasarkan survei internal TPN Ganjar-Mahfud yang menggabungkan tiga metode, suara untuk paslon nomor urut 3 mengalami peningkatan sekitar dua persen dalam 24 jam terakhir menjadi 37 persen, dari 35 persen suara di minggu lalu. 

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto menilai bahwa tren elektabilitas ini akan bertahan hingga pemungutan suara pada 14 Februari 2023 jika tidak ada hal yang signifikan.

"Kalau tidak terjadi sesuatu yang signifikan, maka peluang putaran dua tampaknya akan terjadi antara pasangan dua (Prabowo-Gibran) dan tiga (Ganjar-Mahfud," kata Andi di media center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat pada, Rabu (27/12).