Ganjar Heran Bawaslu Tak Beri Sanksi Pelanggar Aturan Kampanye

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 4 Januari 2024 20:17 WIB
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)
Calon Presiden Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo (Foto: MI/Dhanis)

Blora, MI - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, mengaku heran dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang tidak segera memberikan sanksi pada para pelanggar aturan kampanye.

Seperti pelanggaran yang dilakukan oleh relawan pasangan calon yang terang-terangan menggunakan seragam kampanye dan membagikan uang. Selain itu, ada Satpol PP yang secara langsung menyatakan dukungan ke salah satu pasangan calon.

Menurut Ganjar, jika pelanggaran-pelanggaran seperti ini tak segera disikapi oleh Bawaslu, maka itu akan memancing pelanggaran lainnya untuk dilakukan. 

"Saya enggak ngerti lagi, kalau seperti itu, maka itu memancing semua orang untuk melakukan pelanggaran," kata Ganjar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, Kamis (4/1).

Ganjar pun mempertanyakan di mana komitmen Pemilu yang jujur dan adil itu dari penyelenggara Pemilu. Ia juga mengingatkan agar para relawan ataupun pendukung capres-cawapres agar menaati aturan Pemilu. 

"Saya, kita-kita pemimpin butuh komitmen, dan saya juga mengingatkan diri saya sendiri termasuk juga relawan agar kita taat yuk. Kita boleh kritik, tapi juga harus mentaati aturan. Mudah mudahan Bawaslu segera periksa itu," ujarnya.

Untuk itu, Ganjar menginginkan adanya realisasi dalam pengawasan jika terdapat pelanggaran, sehingga masing-masing relawan pasangan calon dapat melakukan kampanye dengan caranya masing. "Jangan sampai pemilu-nya nanti rusak, rusak," cetusnya.