Begini Persiapan Prabowo Jelang Debat Ketiga Pilpres

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 5 Januari 2024 22:26 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) (Foto: Dok MI)
Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Komisi Pemilihan Umum atau KPU akan menggelar debat ketiga pada Minggu (7/1) pukul 19.00 WIB. 

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

Juru bicara (jubir) Menteri Pertahanan Prabowo Subianto Dahnil Anzar Simanjuntak menilai tema yang diangkat dalam debat ketiga mencerminkan sosok Prabowo. 

Meski begitu, Dahnil menyebt Prabowo enggan sesumbar dan tetap mengajak berdiskusi para ahli di bidangnya.

"Katakan ini temanya Prabowo banget, tapi terus terang kita tidak sesumbar yang jelas Pak Prabowo mempersiapkan semuanya dengan baik," kata Dahnil di Jakarta Selatan, Jum'at (5/1).

"Pak Prabowo tentu tetap berdiskusi, misalnya dengan para purnawirawan kemudian ahli-ahli pertahanan termasuk terkait dengan hubungan luar negeri keamanan dan sebagainya. Jadi, Pak Prabowo tetap mendengar dari banyak pihak terkait dengan geopolitik dan geostrategis dan sebagainya," sambungnya.

Prabowo Dekat dengan Para Kepala Negara

Di lain sisi, Dahnil juga bicara mengenai kedekatan Prabowo Subianto dengan para kepala negara di dunia. Prinsipnya, RI tetap menerapkan politik bebas dan aktif.

"Politik luar negeri kita adalah politik yang menjaga kedekatan yang sama dengan semua negara, termasuk dengan Amerika Pak Prabowo baik, dengan Cina Pak Prabowo baik, dengan Rusia Pak Prabowo juga baik," katanya.

"Jadi itu juga yang diterapkan Pak Jokowi hari ini. Jadi kalau terkait itu Pak Prabowo konsisten dengan konstitusi kita yaitu politik bebas aktif," timpalnya.

Dahnil pun menyebut Prabowo akan menjalani debat dengan bahasa sederhana dan mudah dimengerti oleh masyarakat.

"Tentu bahasa yang sederhana, selama ini pak Prabowo ke publik bahasa sederhana jadi Pak Prabowo tidak pernah tampil sok pintar, Pak Prabowo selalu tampil otentik apalagi isu pertahanan.

"Jadi selama ini saya sampaikan justru isu-isu pertahanan hari ini jadi konsumsi publik," tukasnya.

Untuk diketahui debat ketiga Pilpres 2024 dapat disaksikan secara online. Baik di platform streaming maupun kanal Youtube Komisi Pemilihan Umum (KPU RI).

Sementara itu, debat capres juga disiarkan melalui stasiun TV dan radio. Khusus untuk debat ketiga bisa disaksikan MNC TV, iNews, RCTI, dan GTV.

Debat capres dan cawapres diselenggarakan sebanyak lima kali hingga sebelum hari pemilihan 14 Februari 2024 mendatang.

Para capres akan melakukan tiga kali debat, dan calon wakil presiden sebanyak dua kali. (wan)