Gerah! Prabowo ke Anies Baswedan: Anda Tak Pantas Bicara Etik

Aldiano Rifki
Aldiano Rifki
Diperbarui 7 Januari 2024 21:35 WIB
Prabowo Subianto (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) (Foto: MI/Repro KompasTV)
Prabowo Subianto (kiri) dan Anies Baswedan (kanan) (Foto: MI/Repro KompasTV)

Jakarta, MI - Calon Presiden (capres) nomor urut 2, Prabowo Subianto menegaskan bahwa calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan tidak pantas bicara soal etika soal kinerja pertahanan. Hal itu ia ungkapkan dalam debat capres kedua pada Minggu (7/1) malam.

"Lah saudara biara etik-etik. Nah saya tuh keberatan karena saya menilai maaf ya karena anda desak saya, saya terus terang aja saya menilai anda tidak pantas bicara etik. itu saja," tegas Prabowo yang juga Menteri Pertahanan (Menhan) RI.

Lantas Prabowo menyebut bahwa data yang dikatakan oleh Anies Baswedan keliru semua. Ia pun mengajak Anies untuk duduk bersama membahas terkait hal tersebut.

"Jadi saudara-saudara semua data yang saudara ungkapkan itu keliru semua, saya bersedia kita duduk kita buka-bukaan. Mau bicara food estate, mau bicara apa, apa teknologi militer Indonesia kita buka. Jadi di mana masalahnya," bebernya.

Tak hanya itu saja, Prabowo juga menyebut bahwa Anies menyampaikan informasi yang menyesatkan. "Saya merasa bahwa anda itu fourturing anda itu menyesatkan. Saya boleh berpendapat kan? ya menilai anda tidak berhak bicara soal etik karena anda memberi contoh yang tidak baik soal etik," tutur Prabowo.

Anies Bolak-balik Ngomong

Prabowo juga menyentil capres Anies terkait pertahanan negara. Prabowo menjelaskan bahwa pertahanan semakin kompleks sehingga dibutuhkan kepemimpinan yang kuat. Kepemimpinan butuh nilai, nilai-nilai yang sangat fundamental.

"Pertama, nilai adalah cinta tanah air, kedua, kejujuran, ketiga, kebersihan yang bapak (Anies) bolak-balik ngomong, harus memberikan contoh tidak boleh korupsi dengan bentuk apapun," kata Prabowo dengan nada tegas.

Menurut Prabowo, kepemimpinan berdasarkan nilai. "Jadi hubungan dengan etik, benar ya, kita harus beretika dengan benar. Jujur apa yang kita katakan itu ya yang ada di hati kita, jangan lain di mulut lain di hati dan harus cinta tanah air," kata Prabowo.

Menurut Prabowo, pertahanan ini sakral karena menyangkut keselamatan bangsa. Jangan karena ambisi pribadi sehibgga menghasut dan menyesatkan rakyat.

"Itu etik yang tertinggi saudara Anies Baswedan itu etik yang tertinggi, kebersihan jiwa, kejujuran, kesetiaan kepada rakyat, sekali lagi jangan karena ambisi pribadi kita menyesatkan rakyat kita menghasut rakyat kita membahayakan pertahanan keamanan rakyat," tegas Prabowo lagi.

Menurut Menteri Pertahanan itu, kasihan prajurit-prajurit yang sudah berjuang untuk menjaga bangsa ini.  "Polisi-polisi yang menjaga kita kasihan kalau ada calon pemimpin yang kerjanya hanya menghasut saja," tandas Prabowo.