Kurangi Ketergantungan Energi Fosil, Gibran dan Prabowo Dorong Energi Hijau

Adelio Pratama
Adelio Pratama
Diperbarui 21 Januari 2024 19:49 WIB
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dok MI)
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Dok MI)

Jakarta, MI - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka bersama Prabowo Subianto berkomitmen mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil.

"Untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil, kita akan dorong kepada energi hijau seperti bioavtur, biodisel dan bioetanol," ujarnya dalam debat kedua cawapres peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1) malam.

Menurut Gibran, pemerintah sudah menjalankan program B35 dan B40. Potensi energi baru dan energi terbarukan juga luar biasa. "Bisa mencakup 3.686 gigawatt yang meliputi energi surya, angin, air, bioenergi dan juga panas bumi," kata Gibran.

Adapun dalam debat ini, tiga calon wakil presiden (cawapres) yang berkontestasi dalam Pilpres 2024 beradu gagasan. Tema debat ini adalah pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, hingga masyarakat adat dan desa.

Dalam debat ini cawapres Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD akan menjelaskan visi dan misinya, serta menjawab pertanyaan panelis dan sesama mereka sendiri. Sama seperti pada debat cawapres sebelumnya, para capres dari masing-masing paslon akan hadir, tetapi porsi bicara hanya untuk cawapres. (wan)