Mahfud Sebut Tak Akan Beri Pertanyaan Menjebak dan Receh, Gibran: Prof Ngambek Ya

Reina Laura
Reina Laura
Diperbarui 21 Januari 2024 22:53 WIB
Debat Pilpres Keempat (Foto: Dok MI)
Debat Pilpres Keempat (Foto: Dok MI)
Jakarta, MI - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud Md melontarkan sindiran kepada calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024). 

Hal tersebut, disampaikan Mahfud saat akan memberikan pertanyaan kepada Gibran, yang sebelumnya dilontarkan Gibran dinilai menjebak dan receh.

“Mas Gibran, saya menghormati anda sebagai calon wakil presiden sehingga saya tidak akan bicara secara menjebak dan receh-receh,” kata Mahfud di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (21/1).

Mahfud kemudian memberikan pertanyaan ke Gibran soal Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang berjanji tidak akan mengimpor komoditas pangan dalam debat capres pada 17 Februari 2019 lalu. 

Namun, pada kenyataannya, selama periode kedua kepemimpinannya Jokowi dinilai justru mengingkari pernyataan tersebut, dan tetap melakukan impor pangan yang merugikan banyak petani.

“Nanti dicek ya bahwa itu pertanyaan Pak Prabowo ke Pak Jokowi saat itu,” ujarnya.

Mahfud lantas menyatakan dengan banyaknya impor pangan yang dilakukan oleh pemerintahan Jokowi, justru melahirkan masalah baru. Salah satunya adalah mafia pangan yang semakin membengkak.

“Nah itulah apa usulan anda untuk menyelesaikan masalah 5 tahun lalu ini?” ujar Mahfud seraya kembali bertanya kepada Gibran.

Meski begitu, Gibran justru menganggap enteng pernyataan Mahfud. Wali Kota Solo ini menganggap bahwa Mahfud kesal dengan pertanyaan-pertanyaan, yang ia ajukan sebelumnya.

“Sepertinya Prof Mahfud agak ngambek ya soalnya saya sudah dua kali memberikan pertanyaan yang sulit, carbon capture (dan) green inflantion selalu dikomenin pertanyaan receh,” ujar Gibran.

Gibran lantas menantang balik Mahfud untuk menjawab pertanyaannya jika itu dianggap mudah baginya. Menurut dia, hal tersebut justru dinilai lebih baik ketimbang Mahfud merasa kesal atas pertanyannya.

“Ya kalau receh ya dijawab Pak, gitu lo, segampang itu,” jelasnya. 

Untuk diketahui, debat keempat Pilpres 2024 yang mempertemukan para cawapres akan dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1) pukul 19.00 WIB. 

Adapun tema debat besok mengangkat tema Energi, Sumber Daya Alam (SDA), Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat.