Cak Imin Vs Luhut, Siapa yang Benar?

Dhanis Iswara
Dhanis Iswara
Diperbarui 29 Januari 2024 19:38 WIB
Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: Ist)
Calon Wakil Presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (Foto: Ist)

Yogyakarta, MI - Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengatakan bahwa dirinya bersama Tom Lembong akan segera bertemu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan terkait tantangannya untuk membuktikan hasil klaim Cak Imin pada saat debat cawapres mengenai beberapa catatan negatif terhadap hilirisasi yang menjadi temuannya.

"Jadi saya sama Pak Tom lagi siap-siap ngadepi Opung," kata Cak Imin dalam kampanye di Pura Seni, Yogyakarta, Senin (29/1).

Kata Cak Imin, dirinya akan membuktikan berbagai kerusakan yang terus dilakukan dari hilirisasi yang dilakukan secara ugal-ugalan yang berdampak buruk terhadap alam. 

"Saya hari-hari ini mau ketemu Pak Luhut. Katanya mau adu data. Mau adu data apakah benar jumlah tambang-tambang kita maslahat dan mudharatnya nggak imbang," ujarnya.

Cak Imin, justru menduga bahwa Luhut tak mengerti konsep maslahat dan mudharat. "Ngerti maslahat atau mudharat ndak? Jangan-jangan opung nggak ngerti. Maslahat itu kemanfaatan, kemaslahatannya. Mudharat itu bahayanya," tukasnya.

Sebelumnya, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan menantang Cak Imin untuk membuktikan pernyataannya soal industri hilirisasi ugal-ugalan. Luhut pun ingin mengajak Cak Imin ke Morowali, Sulawesi Tengah dan proyek hilirisasi di Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) di Maluku Utara untuk membuktikannya langsung.

"Saya sebenarnya pengen mengundang Muhaimin tuh berkunjung ke Weda Bay, Morowali untuk lihat sendiri. Seeing is believing, daripada anda berbohong kepada publik yang menurut saya itu satu karakter yang gak bagus," kata Luhut Luhut melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Rabu (24/1). (DI)